Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Wednesday, June 19, 2013

The Interview : Singapore Series 04

Kalo QQ, terbiasa mengukur kewajaran waktu tuh dari waktu Sholat. Maghrib yah normalnya di sekitar jam 6 sore lah, Subuh tuh antara jam 5 sampe jam setengah 6-an. Namun bangun di Singapura tuh kaya satu jam lebih awal. Karena biasa bangun jam 5 buat subuh, tapi Subuhnya nyaris jam 6 baru Azan dan Maghribnya jam 7 malam lewat.

Jadi ketika dibilangin kalo disuruh hadir jam 09.30 di Gedung OCBC Center, jadinya serasa kaya disuruh kumpul jam 08.30 waktu Indonesia bagian Barat. Mata masih kriyep-kriyep, perut ga kenyang maksimal karena sarapannya Buah. Masalahnya adalah kalo di Burger King, Bacon itu ada yang Turkey Bacon alias daging pipih yang rada crispy itu dan diasap. Tapi pas sarapan, ada tulisan Bacon rada serem, jangan-jangan beneran Bacon itu, alias daging babi diasap. Jadilah makan buah aja, biar aman. hahaha...

Dari hotel memilih jalan kaki menuju TKP, karena baca dari peta, kayanya deket. Masalahnya adalah, Singapura itu kalo di peta kecil banget, jadi kalo baca peta Singapura, skala-nya mungkin ga ekstrim-ekstrim amat. Kalo di peta deket, insya Allah jalan juga deket. Dan ternyata bener aja, ga sampe 10 menit, udah nyampe di TKP. Akhirnya jadi orang pertama yang masuh tuh kantor. Front Desk Officer-nya aja belum nongol.

Yah, lebih baik jadi orang yang keduluan datang daripada terlambat datang. Lama kemudian, datanglah satu persatu kandidatnya, 1 dari Indonesia selain QQ, 1 dari Malaysia dan 1 dari Cina. Seharusnya sih masing-masing negara bawa 2 orang, tapi 1 dari Malaysia dan 1 dari Cina berhalangan hadir dan pihak OCBC melakukan interview via telpon.

eeeh... agak mikir juga siih, Napa ga semuanya aja via telpon? Kayanya bakal lebih murah deh, hahaha. Tapi ketemu secara langsung juga memiliki keuntungan tersendiri. Ternyata bukan QQ doang yang sebenernya udah memiliki beasiswa sebelumnya. Ternyata nyaris semuanya sudah dapat beasiswa sebelumnya. Karena itu QQ heran juga kenapa nih ditawarin lagi beasiswa untuk jurusan yang sama. Tapi selisih SGD 250 sih lumayan juga yaa buat dikejer.

Proses wawancara juga ga lama, karena masing-masing orang dibatasi hanya 15 menit. QQ sih mikir, "What can you tell in 15 minutes that can change someone's perspective about yourself?" yah, semoga aja 15 menit yang QQ berikan cukup berarti. Secara umum hanya ada 3 poin pertanyaan.
1. Perkenalan Diri
2. Mengapa memilih jurusan ini?
3. Pembahasan mengenai isu terkni dan QQ memilih masalah kenaikan harga BBM

Masing-masing negara punya masalah politik masing-masing. Berdasarkan hasil perbincangan sih, kayanya Malaysia ngebahas Pemilu yang baru selesai, sementara yang Cina ga tahu deh ngebahas apa, QQ kurang paham ama logat bicaranya, jadi agak lost in translation... wakakaka...

Dari lantai 40 gedung OCBC Center itu terlihat susasana kota Singapura yang putih tertutup kabut, wah Indonesia... Indonesia.... hahahhaa....

Sekitar jam 11-an semuanya selesai dan akhirnya kami semua berpisah sambil mengucapkan sampai jumpa nanti di kampus, karena bagaimanapun semuanya udah pasti masuk, hanya yang belum tentu adalah beasiswanya yang mana.

Perjalanan pulang kemudian ditempuh dengan jalan kaki lagi, enaknya jalan kaki di singapura tuh, trotoarnya jelas dan ga penuh oleh pedagang asongan. wakakaka. 

Sesampainya di hotel, langsung beres-beres, termasuk sabun, shampo, kondisioner, teh-teh dan beebrapa item yang bisa dibawa, langsung dimasukin tas. Paling ntar pas cleaning service-nya masuk buat bersih-bersih, dia pasti langsung bergumam, "Pasti orang Indonesia nih di kamar ini tadinya..." sambil geleng-geleng kepala.... Sementara QQ udah kaburrr... hahahaha...

Karena mengulang jalan yang sama, Udah lebih lancar dari sebelumnya. Naik MRT dari Clarke Quay, stop di Outram Park terus nyambung ke Tanah Merah dan akhirnya nyampe di Changi.

Waktunya memulai perjalanan pulang... hikz....

No comments:

Post a Comment