Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Wednesday, June 19, 2013

Escaping From Changi Airport : Singapore Series 02

Karena perbedaan waktu GMT+7 ke GMT+8, maka perjalanan yang seharusnya cuma 1 jam 45 menit, jadi serasa 2 jam 45 menit. Nyampe di Changi International Airport-nya sekitar jam 3 sore di gate D26, yeah, sesuai nomornya... itu di-ujung. Buat ngambil bagasi, kita jalaaaaan aja luruuuuuuuuuuuuuus sampe ujung dan emang itu jauuuh. Kalo pernah ke Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, konsepnya sama, ruang tunggunya di jalur lurus, tapi bayangkan jauh lebih jauh lagi.

Pokoknya pas sampe sini, jalan lurus aja ikutin yang lain, kalo capek ikutin aja di rel berjalan, yah sedikit mengurangi capek laah. Terus nanti kita akan turun ke lantai 1 untuk keperluan imigrasi, kalo capek, bisa istirahat dulu di kafe-kafe-nya. hahaha...




Nah, karena QQ masih polos dan pengennya buru-buru, sementara itu rel berjalan penuh, akhirnya QQ jalan kaki, dan baru kemudian QQ menyadari bahwa itu keputusan yang bodoh. Ampun dah jauhnyaaaaaaaaaaaaa........!!!

Terus ngantri lagi untuk distempel paspornya satu per satu. Abis itu baru ngurusin bagasi. Setelah ambil bagasi, orang bilang tuh ada jalur hijau, ada jalur merah. QQ bingung akhirnya PD jaya selonong aja eh keluar tanpa ada yang meriksa, bahkan tag bagasi di tas aja ga di cek, hmmm.... kayanya next time bisa menyelundupkan sesuatu nih... hahaha...

Nah, Kebingungan yang super dupernya dimulai dari sini. Mencari cara untuk keluar dari nih bandara. Begitu keluar, QQ turun kebawah, ke Seven Eleven (katanya beli EZlink Card bisa disini) eh ternyata ga ada, dan tetep disuruh ke stasiun MRT langsung. Akhirnya QQ naik lagi, trus turun lagi mencoba nyari bus aja, karena ada petunjuk bahwa jalur bus ada di basement. Tapi QQ khan ga punya EZlink card jadinya naik lagi, asli kaya orang bingung. 


Sampe-sampe QQ harus duduk dulu dan menenangkan diri dulu.

Mengesampingkan QQ naik turun eskalator dan bolak balik sana sini ga jelas, ternyata cara paling enak buat keluar dari bandara adalah, begitu keluar setelah ambil bagasi, ambil eskalator sebelah kiri yang ada arahnya ke skytrain ke Terminal 2. kenapa? karena kereta MRT adanya di terminal 2. Naik skytrain-nya gratis kok dan ada petunjuknya skytrain berikutnya berapa menit lagi. Nah setelah turun di terminal dua, kemudian ikutin aja petunjuk jalan yang ada di sana menuju MRT. nanti kita tuh turuuun jauuuuh ke bawah. Cari dulu tempat penjualan tiket.

Nah, ini pelajaran selanjutnya yang QQ pelajari. Jika anda adalah Turis yang emang berencana banyak jalan pake nih MRT, maka beli aja TOURIST PASS ada yang 1 hari sampai 3 hari. QQ beli yang 2 hari seharga SGD 26, namun nanti kalo kita udah selesai, kita kembalikan tiketnya dan dapet SGD 10. jadi dengan 16 dollar kita bisa keliling MRT sepusanya selama 2 hari. MRT, bus dan semua jaringannya. Tapi kalo kita cuma berencana sebentar dan ga terlalu banyak pake MRT, maka beli aja yang EZlink card. harganya SGD 12 dengan total cash SGD 7 dan 5 dollar-nya hangus buat beli kartu. QQ terlanjur beli tourist past. padahal kalo dipikir-pikir seharusnya beli EZlink aja. hikz. Sekali naik MRT tuh sekitar SGD 1-2 aja, jadi itung-itung juga kira-kira kita bakal sering pake apa nggak.

Konsep MRT ini sebenernya sangat sederhana, ga jauh beda sama Busway. Hanya saja, bagi pemula kaya QQ ternyata pada awalnya sangat membingungkan, kenapa? Karena QQ ga tahu tujuan QQ mau kemana, akhirnya yang terjadi adalah stress dan pindah-pindah platform.

Pastikan tujuan kita jelas. Tapi bukan nama hotel atau nama wilayah. Misalkan kaya QQ, mau ke hotel Swissotel Merchant Court, maka ternyata setelah googling, MRT terdekatnya adalah stasiun MRT Clarke Quay. Nah, selanjutnya tinggal gimana kita membaca peta MRT-nya, kita mulai dari mana dan harus transit di mana.

Kalo dari Changi, sama aja naik yang sebelah kanan atau kiri, karena semuanya sama-sama keluar untuk transit di stasiun MRT Tanah Merah.

Nah, mari kita berusaha memahami apa itu Platform A dan Platform B. Jadi pas nyampe di Stasiun Tanah Merah itu, disana ada dua platform yang dimana QQ sempet pindah sana pindah sini karena labil dan bingung. Ternyata, ibaratnya ada tujuan tuh Monas menuju Stasiun Kota. Maka platform A itu adalah jalur Monas ke Stasiun Kota sedangkan platform B-nya itu adalah kebalikannya, dari Stasiun Kota menuju Monas. Jadi bijak-bijaklah dalam memilih platform. Pastikan kita tahu kemana kita menuju.


Nah, kembali ke Jalur dari Changi ke Clarke Quay tadi, Jadi di Tanah Merah kita ngambil jalur yang menuju Joo Kun kalo ga salah namanya, bukan yang ke Pasir Ris. Nah di jalur itu, nantu kita stopnya di Statsiun Outram Park yang merupakan stasiun transfer jalur. Jadi ada jalur-jalurnya gitu deh, North east, east west, east cost dan apalah itu yang lainnya.

Nanti di Outram Park itu agak jauh, dia turun lagi ke bawah, asli ribet dah... pokoknya kudu rajin ikutin petunjuk jalan aja. Terus akhirnya naik yang ke arah Clarke Quay itu. Yang penting adalah ktia harus memahami tujuan akhir MRT yang akan kita naiki. Karena yang tertulis di platform itu adalah tujuan akhirnya. yang Clarke Quay ini QQ lupa deh tujuan akhirnya apa. 

Akhirnya setelah landing sekitar jam 3 sore waktu setempat, QQ berhasil nyampe ke Hotel sekitar jam 5 sore. Badan remuk redam rasanya.... 
2 jam di jalan + puyeng di bandara. Serius deh itu bandara, luasnya amit-amit bahkan isinya juga udah nyaris kaya Mall. Mungkin hal pertama yang ingin QQ jelajah duluan nanti di sana adalah Bandara-nya... hahahaha....

No comments:

Post a Comment