Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Tuesday, June 25, 2013

Ada Apa dengan Speaker Masjid

Kita hidup di negara dengan mayoritas penduduknya Muslim, bahkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang begitu besarnya, Indonesia menjadi Negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Masjid menjamur di mana-mana. Sesuatu yang harusnya sangat kita syukuri dan sesuatu yang luar biasa. Namun terkadang QQ mikir, "Nih masjid punya speaker, kok berisik banget siiiih.....!!!!!!"

QQ nggak tahu ya, apa karena iman QQ emang tipis banget ato karena apa, tapi QQ kadang mikir, nih Masjid tuh terkadang mengeraskan suara yang tidak seharusnya ato sebenernya nggak perlu dikeraskan. Mari kita bahas satu per satu...

Misalkan nih pas lagi Sholat Ashar. 15-20 menit sebelum azan dikumandangkan, mulailah speaker akan mengumandangkan suara ngaji. Ada apa dengan mengaji? sebenernya QQ ga ada masalah, malah itu luar biasa bagusnya. Hanya saja, ga dikerasin ke speaker juga kali. Kenapa? Karena kalo ga salah, ada hadits yang bilang bahwa jika kita mendengar lantunan AlQur'an, maka kita dianjurkan untuk diam dan ikut khusyu' mendengarkan. Lha, ini dikerasin pake speaker... mau bikin diem orang se-kelurahan?? Dan yang kadang bikin QQ ga suka-nya itu, yang diputer adalah suara kaset.... apa coba maksudnya...?

Setiap huruf dalam AlQur'an itu ada pahalanya jika kita senandungkan, Namun kenapa kita membiarkan kaset yang mendapatkan pahala tersebut???

Selanjutnya adalah Azan Ashar dikumandangkan. Nah kalo yang ini kayanya emang kudu pake speaker. Meski emang pas jaman Nabi ga ditunjukkan dalam bentuk praktek, menurut QQ ini emang bid'ah, tapi bukan bid'ah jika kita tidak mewajibkannya. Namun akan sangat baik jika kita mengeraskannya agar terdengar ke penjuru negeri. Mungkin kalo jaman dulu ada ini speaker, mungkin Nabi udah make juga kali, hanya saja, pasti dalam tatanan yang wajar.

Selanjutnya adalah waktu sholatnya, Setelah dikumandangkan Iqamah, saatnya Sholat berjamaah dimulai. Ada 2 sholat yang bacaan Al-Fatihan dan Surat Pendek-nya tidak dibaca kencang, yakni Ashar dan Zuhur. Somehow menurut QQ, karena ini jamnya sibuk dan jam orang kerja. Jadi kalo bacaan tidak dikeraskan, sholat bisa lebih cepat dan tidak mengganggu orang lain. Eh tapiiiiiii..... Komando Allahu Akbar di tiap gerakan aja kudu pake speaker luar dan terdengar sampe penjuru negeri. Kok gituuuuuuuu???

Bukannya masjid biasanya punya 2 jenis speaker yaa? buat internal ama external. Ya kalo emang pas sholatnya udah dimulai, pake aja speaker internal. 

Malah kadang yang bikin gemes tuh, abis itu ada anak-anak TPA. Sebenernya bagusnya luar biasa, mengetahui bahwa tiap sore anak-anak muda generasi penerus bangsa ini masih berkumpul untuk belajar agama. Tapiiii.... kenapa kudu pake speaker segala. Ntar kadang terdengar suara sang ustadz-nya manggil-manggil anak TPA, ato terdengar suara berisik mereka. Ato terdengar suara mereka belajar mengaji di speaker yang suaranya sampai ke penjuru negeri.

Kenapa.... oh kenapaaaaa.......???

Kita tuh hidup di Negeri 5 Menara (maaf, nyolong judul novel...), perasaan... QQ aja kayanya kurang nyaman dengan speaker Masjid yang suka mengeraskan berbagai hal itu. Bagaimana kira-kira perasaan orang dengan 'menara' yang lain? Jika orang sedang ingin istirahat sore atau siang, malah terdengar suara anak-anak TPA yang rada cempreng dan belum lancar baca Qur'an itu...

Islam memang agama mayoritas di negara ini, tapi kenapa Masjid ga bisa lebih toleransi kepada umat beragama lain?

Jika memang speaker Masjid harus bersuara, maka hendaklah hanya jika Mengumandangkan azan atau ada sebuah pengumuman yang memang harus disampaikan ke penjuru negeri, oh sama kalo pas takbiran, biar rame...

Tapi kalo pas udah sholat berjamaah dimulai, ato untuk anak-anak TPA, atau untuk pengajian ibu-ibu... ayolah, gunakan saja speaker internal agar suaranya cukup keras di dalam saja.

Kalo QQ sih kadang mikirnya tuh kalo dari sisi warga yang beragama lain, mungkin memang dari sisi terganggunya. Tapi kalo dari pribadi QQ, QQ lebih terganggu ama suara anak-anak TPA yang kadang terlalu kencang suaranya, sama penggunaan kaset untuk mengisi bagian mengaji sebelum azan. Kalo emang mau pake speaker masjid untuk mengaji sebelum azan, maka gunakanlah suara manusia, jangan suara mesin, meskipun memang itu rekaman suara manusia. Tapi gunakanlah suara manusia yang langsung.

Tapi meski begitu, QQ tetep aja berharap, Masjid dapat lebih mengatur, kapan saatnya harus menggunakan speaker luar dan kapan saatnya menggunakan speaker dalam saja.

Astaghfirullahalaziim.... moga aja QQ nulis ini bukan karena QQ takut kebakar pas denger suara ngaji dari masjid...
hehehehee...... 

2 comments:

  1. QQ, gue setuju sama elo. Kebanyakan kawan kita yg aktivitasnya dikerasin pake speaker itu "baru" dakwah bil lisan (dakwah pakai suara, pakai mulut).
    Zaman canggih begini, seharusnya diperbanyak dakwah bil haal (lewat contoh teladan positif) dan dakwah bil hikmah (pakai pengaruh, supaya simpatik).
    Udah ada SK Menteri Agama tahun 1978 yang ngatur beginian. Yang boleh dikeraskan hanya adzan, lain tidak.
    Tapi sekarang bocah yang belum akil baligh, orang iseng, yang ngajinya pas-pasan, semua bisa nyerobot corong. Bahkan speaker masjid dipake buat ngebangunin orang tahajud tengah malam! Selama saya mondok, kalau mau tahajud kami selalu mengangkat ketua kelas/ketua kamar buat ngebangunin dengan hati-hati supaya jangan merusak istirahatnya orang lain.
    Itulah sedihnya ummat kita...entah bagaimana menyadarkan mereka, buat ngejar ketertinggalan iptek, muamalat, kedokteran...

    ReplyDelete
  2. Pesantren Asshidiqiyah di dekat rumah saya selalu menggelegarkan suara speakernya tanpa ampun. Pernah jam 3 pagi satu kompleks terbangun karena suara nyanyian yang luar biasa keras. Semua orang langsung marah & mencoba menelpon ke pesantren tapi tidak diangkat. Siangnya telpon diangkat, suara toa dikecilkan namun berikutnya sama saja. Belum lagi suara ustadnya cempreng sekali.
    Sepertinya mereka tidak mengerti toleransi beragama, memang komplek kami non muslim, tapi inikah alasan mereka merasa berhak untuk 'mengajari' kami agama? Selama berpuluh tahun kami mendengar suara keras toa, tak ada niat untuk belajar karena kami tidak merasa mereka pernah bertoleransi dengan kami.

    ReplyDelete