Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Wednesday, June 12, 2013

Sekarang Foto ga Perlu ke Studio Lagi

Dalam rangka melengkapi berkas-berkas penyusunan Paspor Dinas yang sebenernya QQ juga ga tahu kepentingannya apa, mengingat QQ udah punya paspor biasa. Tapi kata orang sih buat aja, ya udah... buat aja....

Dalam salah satu kelengkapannya, diminta sebuah foto dengan ketentuan yang spesifik. Harus pake Jas dan Dasi. Lha, foto QQ yang baru aja diambil, cuma pake kemeja ama dasi doang. QQ ga punya Jas di Padang, males banget mau beli mahal cuma buat poto sekali doang. Mau pinjem temen, kayanya ukurannya kecil deh... jadi ragu bisa muat dan bisa kelihatan bagus di foto. Mau ke Foto Studio, pasti ada jas disana, tapi males banget mau ke Studio, first of all harus keluar duit lagi... wakakkaa....

Akhirnya, dengan pegetahuan QQ yang seadanya tentang aplikasi Photoshop, dimulailah sebuah proses rekayasa foto untuk membuat foto biasa QQ menjadi sebuah foto dengan Jas.

LANGKAH PERTAMA adalah pilih foto yang akan kita ubah, dalam hal ini, QQ memilih foto yang emang udah pake kemeja dan dasi. Mungkin kalo mau ekstrimnya, foto biasa yang ga pake kemeja atau dasi-pun kayanya bisa kita ubah menjadi foto dengan kemeja dan dasi. Malah kalo mau ekstrim lagi yang penting ada kepala kita lah pokoknya. Cuma kayanya mungkin itu butuh kemampuan finishing yang lebih tinggi, karena makin banyak yang di-edit, maka makin ribet proses finishing touch-nya untuk membuat gambar semakin halus dan terlihat nyata seolah-olah benar dilakukan dengan jas, kemeja dan dasi.


LANGKAH KEDUA, kita harus memiliki aplikasi Adobe Photoshop untuk melakukan proses rekayasa foto ini. Kemudian kita cari di Google Image untuk gambar-gambar jas yang kita inginkan. bisa saja dengan kata kunci "suits", "Black Suit" dan lain-lain, pokoknya keluar gambar Jas. Selanjutnya QQ menggunakan tool "Magnetic Lasso Tool" untuk memilih bagian jas saja dan kemudian akan tapillah seperti gambar di samping ini. Sebuah jas saja. 

Kalo pas di langkah ini tuh jadi inget dulu maenan pas SD (whaaat.... spoiler alert, shocking revelation!!!!!) ada maenan yang pake-pakean baju itu, duh lupa namanya. Apa Bongkar Pasang yaa... yang nanti ada kertas yang dipotong, ada orangnya trus ada pakaian-pakaiannya. Hahahahaha.... Jadi ya kurang lebih ini kaya gitu juga laah. Ada poto QQ, trus dipakein baju Jas... hahaha...


LANGKAH KETIGAnya adalah tinggal memasangkan kedua gambar tadi dan kemudian tinggal disesuaikan panjang dan lebarnya hingga pas dipake oleh poto, bisa terlihat alami dan kayanya emang beneran pake jas. Jangan sampai proporsinya tidak sesuai. Jas-nya tampak terlalu besar atau jas-nya seperti tidak sesuai dipakai.

Hanya dengan tiga langkah tadi (yang mungkin paling sulit di langkah kedua), kita bisa membuat foto biasa menjadi foto dengan Jas. Tidak perlu keluar banyak duit untuk melakukan sesi foto di studio.

Bahkan untuk mencetak pas photo, QQ juga memiliki tips.
Duh, dengan artikel ini kayanya QQ takut di-demo oleh asosiasi pengusaha Foto Studio nih... haahahhaa....

Kadang kita mau mencetak foto ukuran 4x6, 3x4 dan 2x3. Dan harga perlembarnya meskipun murah, tapi kalo kita mau cetak banyak, lumayan kerasa juga. Jadi QQ punya tips. buat yang paham Photoshop proses ini adalah sangat mudah.

Pertama-tama foto yang udah jadi tadi kita crop dan resize menjadi 3 ukuran.
1. 400 x 600 pixel
2. 300 x 400 pixel
3. 200 x 300 pixel
Ukuran yang 300 x 400 mungkin crop lebih lanjut karena proporsi ukurannya berbeda dengan ukuran 200 x 300 dan 400 x 600.

Kemudian siapkan sebuah dokumen baru di Photoshop dengan ukuran panjangnya 1500 pixel dan lebarnya 1000 pixel. Ukuran ini bisa di-dobel kalo emang pengen menghasilkan foto yang lebih tajam.

Kenapa harus ukuran-ukuran tersebut??

Kita mencetak foto kita dalam ukuran 4R, yang kalo diukur dengan ukuran cm, ukurannya adalah 10 cm x 15 cm.  Jadi ukuran 1000 x 1500 pixel tadi itu adalah untuk menyesuaikan proporsi ukurannya. Sehingga yang 400 x 600 pixel ukurannya menjadi foto 4x6, ukuran 300 x 400 pixel menjadi ukuran 3x4 dan terakhir ukuran 200 x 300 pixel menjadi foto ukuran 2x3.


LANGKAH SELANJUTNYA adalah tinggal menyusun foto-foto yang telah kita sesuaikan ukurannya tadi menjadi satu tatanan yang maksimal. Ini adalah contoh penataan untuk foto ukuran campuran. ada 3 foto 4x6, 2 foto 3x4 dan 3 foto 2x3. Kalo emang butuhnay cuma foto 4x6, satu lembar ukuran 4R bisa menjadi 5 lembar ukuran 4x6. 

Tinggal bagaimana kita mengatur posisinya saja. 
Harga cetak foto 4R berkisar antara Rp.1.000 s.d. Rp.1.500. Jadi dengan harga segitu, kita bisa mendapatkan jumlah foto yang kita inginkan sesuai dengan penataan letak foto kita. Setelah dicetak, tinggal dipotong-potong. jangan lupa sisakan sedikit bagian frame putihnya biar kaya hasil pas photo beneran.

Membuat pas photo semakin murah dan tidak perlu lagi ke studio khan?

No comments:

Post a Comment