Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Wednesday, May 8, 2013

Waktu Bekerja Kita Dihabiskan untuk Apa?

Secara rata-rata, seorang pekerja memiliki waktu kerja dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore, dengan istirahat siang selama 1 jam. Jadi kurang lebih, kita memiliki waktu kerja selama 8 jam-an per-hari, yang artinya sekitar 40 jam per-minggu.

Jumlah yang cukup banyak, Namun terkadang kita mengeluh waktu kerja kita tidak cukup. Rasanya pekerjaan kita terlalu banyak untuk waktu yang kita miliki. 

Namun coba kita lihat lagi pekerjaan kita sehari-hari.
Datang ke kantor, terkadang kita belum sarapan. Jadi keluar dulu beli sarapan di sekitar kantor. Berapa tuh waktu yang kita habiskan untuk kegiatan yang bukan 'kerjaan' kita? Kenapa ga sarapan aja dari rumah? ga cukup waktu? kalo begitu, bangunlah lebih pagi.

Abis sarapan nanti kita ngobrol dulu sama rekan kerja, entah curhat masalah kerjaan, entah curhat masalah pribadi, atau cerita masalah XFactor semalem siapa yang keluar. Berapa lagi tuh waktu yang kita habiskan untuk kegiatan yang bukan 'kerjaan' kita?

Abis ngobrol, kita idupin komputer dulu. Komputer idup, kita buka internet dulu, cek e-mail, cek Facebook, buka detik.com, baca berita-berita di Kompas.com, dan lainnya. Berapa lagi tuh waktu yang kita habiskan untuk kegiatan yang bukan 'kerjaan' kita?

Kalo dipikir-pikir, kita terlalu sering berkata bahwa kita kurang waktu dan terlalu sibuk, namun kita jarang melihat ke dalam aktivitas kita. Waktu yang kita punya, kita habiskan untuk apa saja. Kadang orang mengeluh, "Pekerjaanku banyak, jadi harap sabar aja.." Tapi kadang kalo melihat orangnya, pada saat beban kerja tinggi tadi, dia sempet-sempetnya ngobrol sama rekan kerjanya yang lain.

Jadi kadang kita tuh malah menganggap 'kerjaan' yang bukan bagian dari job description kita malah mengalahkan kerjaan utama yang seharusnya kita kerjakan. 

Kalo QQ sih bukan merasa pekerjaan QQ banyak dan kurangnya waktu. 
Waktu mah cukup, bahkan berlebihan samper berceceran kemana-mana... hehehe...
Yang terkadang jadi masalah adalah, Manajemen Waktu contohnya. Terkadang pekerjaan itu terlalu bertumpuk di awal bulan dan akibatnya, awal bulan kerjanya abis-abisan dan setengah bulan terakhir kerjanya ongkang-ongkang kaki. 

Mau ga mau, kita harus membiasakan diri dengan pola pekerjaan yang ada. Kita harus bisa membagi waktu kapan kita harus memfokuskan semua waktu kita untuk mengerjakan pekerjaan utama kita dan kapan kita bisa bersantai-santai buat buka Facebook.

Kedua yang kadang menjadi masalah adalah terkait Keadilan Beban Kerja. Kadang kita merasa pekerjaan kita tuh banyak banget bukan karena kita kekurangan waktu untuk mengerjakannya. Namun Ketika kita sibuk bekerja, bolak balik sana sini, eh kita melihat rekan kerja kita bersantai masih ngobrol-bgobrol sambil minum kopi. Terkadang karena melihat hal itu, mendadak kita menjadi merasa, kok pekerjaan kita banyak banget.

Namun pada dasarnya, pemanfaatan waktu ini adalah masalah individu masing-masing. Ada orang yang memilih bersakit-sakit dahulu, baru bersenang-senang kemudian, namun ada yang justru memilih sebaliknya, mereka bersenang-senang dahulu, pas sakit nanti minta bantuan orang-orang. Ini adalah contoh orang-orang yang tidak bisa memanfaatkan waktunya dengan baik.

Albert Einstein, Stephen Hawking, Presiden SBY, Nabi Muhammad SAW, semuanya sama memiliki waktu 24 jam sehari. ga pernah ada yang dapet bonus misalkan 28 jam sehari. Semuanya sama 24 jam. Namun tanyakan pada diri kita sendiri, Apa yang bisa mereka lakukan dalam 24 jam sehari yang mereka miliki itu dan apa yang bisa kita lakukan dalam 24 jam sehari yang kita miliki. 

Jadi kalo kita dikit-dikit mengeluh kurangnya waktu untuk mengerjakan pekerjaan kita, mulailah mencoret aktifitas-aktifitas yang tidak mendukung pelaksanaan pekerjaan kita. Tapi kita juga harus ingat batasan, kalau kita memang merasa lelah, maka kita harus beristihrahat. Tapi kalo QQ sih mikirnya,Kalo belum sakit artinya belum lelah. hahahaha... Masing-masing orang memiliki batasan berbeda, namun bukan berarti kita tidak bisa memanfaatkan waktu kita secara efektif  dan efisien.

No comments:

Post a Comment