Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Wednesday, May 22, 2013

Broadcasting versus Download

Menurut QQ, Internet adalah salah satu hal yang membawa perubahan terbesar dalam bagaimana cara kita hidup. Dulu yang biasanya metode kita dalam belajar adalah menghafal, bergeser menjadi mencari karena adanya mesin pencari GOOGLE. Bahkan bagaimana cara kita bersosialisai yang dulu harus bertemu langsung atau berkirim surat menyurat, bergeser menjadi pertemanan online di dunia maya.

Kemudian apa pengaruhnya adanya internet ini terhadap dunia penyiaran saat ini? Radio dan Televisi menyiarkan acara-acara yang sebenarnya bisa kita download secara gratis di internet, namun terlepas dari legal atau tidaknya. Misalkan kita ingin mendengarkan lagu terbaru dari artis yang menempati nomor 1 di tangga Billboard, kita tak perlu nunggu lagu tersebut diputar di radio. Kita tinggal beralih ke internet, buka situs misalkan 4shared.com, dan kita cari lagu yang kita inginkan kemudian tinggal kita klik download. Namun yaaa, sekali lagi terlepas dari masalah legal atau tidaknya... hahaha...

Kemudian kaya QQ sekarang nih, daripada deg-deg-an nungguin siapa yang tersisih selanjutnya di The Voice season terbaru, QQ donlot aja lanjutannya di internet. Nungguin di AXN setiap minggu kadang ga sabaran, dan juga belum tentu pas penayangannya, kita lagi ada kerjaan lain. Dengan download, kita bahkan jadi bisa mengatur kapan kita mau menontonnya.

Dengan adanya internet ini, kita ga perlu takut kalau kita ketinggalan salah satu episode tontonan favorit kita, karena bila kita cari di internet, akan segera tersedia untuk kita donlot ato paling nggak kita tonton pada kesempatan berikutnya.

Jadi pada dasarnya, alasan orang dengerin radio tuh bukan lagi karena lagu yang mereka ingin dengarkan tapi mungkin adalah kesempatan untuk kirim-kirim salam atau kirim lagu untuk orang-orang tercinta, atau canda dan jenaka penyiar yang ingin kita dengarkan. Sedangkan alasan orang nonton tipi tuh mungkin karena mereka ga punya koneksi internet atau karena memang pengen nonton iklan. 

Atau juga sih, karena mungkin Sinetron Tersanjung atau Panji Manusia Alumunium, belum tersedia buat di donlot. Meskipun kayanya di Youtube sih ada... hehehe...

Apalagi dulu pas ada Teknologi TiVO yang kayanya belum sempet masuk sampe ke Indonesia deh. Yang dimana konon katanya kita bisa nonton tipi dan men-skip atau melewati iklannya untuk hanya menonton bagian inti dari acara yang ingin kita tonton.

Yang kalo ga salah kemudian diparodikan di salah satu episode The Simpson dimana perusahaan Iklan kemudian menjadi berang. Kadang memang iklan tuh kaya buah simalakama. Kalo banyak iklan, rasanya mengganggu. Namun tanpa adanya iklan, Televisi atau Radio takkan bertahan.

Keunggulan donlot ini adalah yang pasti tontonan kita menjadi bebas iklan. Namun memang belum semua orang memanfaatkan bagian dari internet ini dengan sangat maksimal. Yah, mungkin juga karena kecepatan transfer data di negara ini masih sangat terbatas juga kali yaaa... Bayangkan aja, konten 1 Gigabyte di donlot dengan kecepatan 56 KBps. Mau selesai 24 jam lebih??? belum lagi kalo putus di tengah jalan. Alamat stress dan ngulang lagi deh.

Namun kayanya salah satu alasan televisi masih bertahan adalah, QQ analogikan dalan penggunaan alat Treadmill di Gym.

Dalam penggunaan Treadmill, kita bisa memilih manual untuk kecepatan kita atau kita bisa memilih mode-mode otomatis yang ada di sitem treadmill tersebut. Ibaratnya kalo pake mode manual, setiap waktu tertentu kita harus menaikkan atau menurunkan kecepatan sesuai dengan batas kemampuan kita. Namun jika mode otomatis, maka sistem akan menaikkan dan menurunkan kecepatan jika rentang waktu tertentu telah tercukupi.

Ada orang yang suka menggunakan mode otomatis, karena mereka tinggal berfokus pada berlari saja dan tidak udah pusing mengurusi setelah ini kecepatan berapa atau setelah ini pemanasan atau pendinginan, karena semuanya diatur dengan sistem. Begitulah sistem televisi kita, kita ga perlu repot, abis acara ini kita mau nonton apa, kemudian abis itu mau lanjut apa lagi. Kita hanya tinggal duduk manis dan nonton, kemudian ganti channel apabila tidak suka.

Namun ada saja orang yang lebih memilih manual dan memilih acara mereka sendiri, selayaknya memilih kecepatan pada tradmill tadi. Karena kita bisa menyesuaikan dengan waktu dan kemampuan kita. 

Yah, kalo QQ sih karena bisa keduanya, yah tinggal pilih aja mau yang mana yang ditonton. Hanya saja kadang QQ malesnya nonton di tipi tuh masalah sensor... hahahaha..
Masa nonton filem kartun aja full sensor. Eeeh, bukan Hentai juga kok...

QQ khan ngikutin serial Family Guy di Fox Channel dan nonton yang versi donlotnya. Ternyata beberapa adegan tertentu dipotong dan disensor. Hahahaha... Jadi kadang kalo nonton di tipi tuh ceritanya bisa aja kepotong atau komedinya jadi ga maksimal karena ceritanya jadi ilang sedikit. 

Yah, Ngebahas masalah dunia per-sensor-an, nanti di blog selanjutnya aja yaa... hahahaha...

No comments:

Post a Comment