Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Tuesday, May 7, 2013

Apa Motivasi Kita Bekerja?

Waktu kita kecil, pasti pernah mendapatkan pertanyaan ini, "Nanti kalo udah gede, kamu mau jadi apa...?"
QQ dulu kalo ditanya itu, pasti bilangnya, "Pengen jadi DOKTER"

Namun kemudian pada suatu ketika di kelas 3 SMU, pada sebuah Try Out SPMB, nama Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ketika itu, yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Kedokteran UI. QQ membatalkan niat menjadi seorang Dokter. Karena kata mereka, kuliahnya mahal, lama, trus lulus harus jadi Kacung Dokter selama 2 tahun-an, baru bisa jadi dokter beneran.

Akhirnya QQ banting setir pengen jadi ahli komputer, namun ternyata lulus di STAN dan jadilah QQ sekarang seorang PNS di Kementerian Keuangan. Kalo dipikir-pikir... KOK  BISA???

Bagaimana dengan anda? apakah ini perkerjaan impian anda yang pernah anda ucapkan ketika kecil?

Duku ketika milih D1 atau D3 atau S1... orang pada bilang, "Pilih D1 aja, kuliah setahun trus langsung kerja" Tapi QQ sih tetep milih D3.. hehehe..
Orang tuh somehow mengaitkan perkerjana adalah sebagai sarana mencari uang. Misalkan kita adalah seorang insinyur, kemudian ditawarkan dua perkerjaan yang berbeda. Katakanlah jadi Arsitek swasta dengan bayaran selangit atau jadi Arsitek berstatus PNS dengan gaji seadanya. Maka sangat mungkin orang tersebut memilih pekerjaan di dunia swasta.

Kadang QQ mikir, QQ jadi PNS ini buat apa sih?
Mau cari duit, okelah, PNS Departemen Keuangan (bukan Dirjen Pajak), memiliki penghasilan yang bisa dibilang cukup. QQ yakin dengan penghasilan QQ sekarang, bisa untuk menghidupi dua orang kok. 

Jadi kalo Kita bekerja hanya untuk mencari uang, mungkin kita akan merasa puas berada di posisi kita sekarang. Tapi kok QQ ga ngerasa puas yaa...?
dulu ada yang bilang, "Asal kerja di kampung halaman, jadi Pelaksana (alias staff bawah) selamanya juga ga papa..."
Tapi kalo QQ nggak gitu juga, meskipun ibaratnya katakanlah sekarang tuh penghasilan per-bulan QQ tuh udah cukup buat bayar tagihan-tagihan, QQ rasanya ingin terus naik ke atas. QQ ga mau pensiun tetep sebagai seorang Pelaksana. QQ mau pensiun sebagai Dirjen kalo bisa, bahkan terus lanjut jadi Menteri Keuangan dan bahkan bisa lanjut jadi Presiden RI.

Jadi motivasi bekerja QQ sekarang udah bukan sekedar mencari duit lagi, tapi ada sesuatu idealidme yang ingin QQ terapkan. Tapi kalo QQ sekarang juga jadi bos, kayanya sih bakal bingung juga, karena kurangnya pengalaman. Tapi yang jelas QQ bekerja bukan sekedar mencari uang, tapi untuk membuktikan sesuatu, mewujudkan sebuah eksistensi seorang Rizky Novrianto.

Meskipun Dunia Kedokteran dan Dunia Per-PNS-an sangat berbeda, paling nggak kita bisa bekerja sesuai dengan keahlian dan keinginan kita.

Seorang bijak pernah berkata, "If you love your JOB, You don't have to WORK anymore"
Jadi jika kita bisa mencintai pekerjaan yang kita lakukan, maka kita tidak akan perlu merasa 'bekerja' lagi.
Untuk mencintai pekerjaan kita, kita butuh menemukan apakah motivasi kita dalam melakukan pekerjaan kita ini. QQ ga bisa bilang bahwa saat ini QQ mencintai sepenuhnya apa yang QQ kerjakan saat ini, Namun jika memang ini adalah jalan yang harus QQ tempuh untuk mencapai pekerjaan yang lebih baik lagi atau jabatan yang lebih tinggi lagi, maka ini adalah motivasi QQ untuk melakukan pekerjaan QQ saat ini.

Cinta terhadap pekerjaan yang mungkin diawali dengan terpaksa.
Orang susah-susah kuliah 4 tahun di misalkan Jurusan Teknik, terus keluarnya malah jadi Customer Service di Bank, tidak mengapa. Mungkin pekerjaan kita saat ini tidak sesuai cita-cita kita dulu. Tapi Pada intinya adalah Inilah yang kita dapatkan. Kita bisa saja terus mengejar bintang di langit. Tapi apakah kita akan terus mengejar bintang tersebut?

Bukan berarti kita menurunkan target atau sasaran kita, namun tidak ada salahnya kita mengetahui kemampuan diri kita dan kita menyesuaikan target kita dengan apa yang kita bisa.
Kita harus bisa mencintai apa saja yang kita sedang kerjakan. Temukan motivasi untuk bekerja agar kita bisa bekerja dengan lebih baik. Uang takkan menjadi motivasi yang baik untuk bekerja, meskipun memang bagus untuk di awal pekerjaan. Nantinya kita harus menggeser motivasi bekerja kita dari sekedar mencari uang untuk membayar tagihan bulanan kita.

Pekerjaan adalah salah satu bagian ibadah dan Ibadah adalah satu-satunya tujuan dari penciptaan kita.

1 comment:

  1. KTA DANA TUNAI TANPA JAMINAN UNTUK APAPUN KEBUTUHAN ANDA . INGIN LIBURAN.RENOVASI RUMAH.PENDIDIKAN.KESEHATAN DLL KITA BANTU PROSES BUNGA 1.99% PROVISI 1.75% UNTUK PENGAJUAN SYARAT LAMPIRAN NYA FC KTP NPWP KARTU KREDIT LIMIT MIN 5 JUTA DAN SUDAH BERJALAN 1 TH . COVER TABUNGAN MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA BERKAS DAPAT DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com SETELAH BERKAS SAMPAI AKAN DI VERIVIKASI VIA TELPON . PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA. DANA CAIR 2-3 KALI LIMIT KARTU. JUMLAH PINJAMAN 10-300 JUTA TENOR 36 BULAN. ALAMAT KANTOR KAMI DI PT MIP AGENCY RUKO PANDANARAN LANTAI DUA SEMARANG JL PANDANARAN SEBELUM LAWANG SEWU . BERKAS 100% AMAN DAN RESMI BANK LIHAT PROFIL DI FACEBOOK CHAIRUL SARTO UTOMO Info pengajuan 085600125176 pin 52B77BDC email rooly88@gmail.com Terima Kasih

    ReplyDelete