Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Monday, May 13, 2013

Kuliah di Singapura

Mungkin beberapa waktu yang lalu QQ kadang mikir kalo lihat perkembangan temen-temen jaman SMA dulu. Ada yang udah bekerja di Jakarta, Singapura bahkan ada yang sudah menetap sampe di Eropa sana. Beberapa orang sudah berhasil Go International. Sementara kalo melihat QQ, kuliah S1-nya aja telat. Orang-orang pada udah kelar S2, QQ baru ngejer S1. Yah, meskipun emang udah dapet kerjaan dan kuliahnya gratis, tapi terkadang tetep aja kepikiran... hehehe...

QQ udah berhasil keluar dari Palembang semenjak lulus SMA. Pokoknya dulu QQ pengen kuliah dimana aja asalkan di luar Palembang, dan akhirnya nyaplok deh di STAN. Udah kerja 2 tahun terus pengen lanjut kuliah D4, eh udah lulus ujiannya, ternyata dilarang oleh kantor. Jadi yang lulus satu angkatan itu, semuanya ga boleh kuliah. Sedih sih, tapi yah life goes on. 

Tahun depannya, trauma dan akhirnya ikut nyoba beasiswa S1 aja deh. Alhamdulillah lulus pada kali coba pertama. QQ masuk ke S1 di UGM jurusan Manajemen (Keuangan, tapi nyerempet ke Manajemen Sistem Informasi). 2 tahun kuliah, lulus dengan IP yang bahkan mencengangkan diri QQ sendiri. wakakaka... berangkat dari IPK 3.23 pas lulus STAN, menjadi 3.91 pas lulus UGM. Entah dimana salahnya, tapi kayanya QQ melakukannya dengan benar kali ini.. hehehe..

Kemudian QQ melaksanakan magang setahun di Jakarta, setelah itu ditempatkan di Padang. Setelah 1 tahun kerja, QQ memenuhi syarat untuk mencoba beasiswa S2. tapi ternyata, pada tahun itu, bertambah satu syarat terlaknat, "Masa kerja minimal 3 tahun setelah beasiswa sebelumnya." DAMN! Nunggu setahun lagi dah di Padang.

Akhirnya tahun 2013 ini QQ eligible untuk ikutan nyoba test besiswa. Pilihan beasiswa secara umum ada beberapa jenis yang bisa QQ ikutin. Beasiswa internal, itu yang diadakan oleh Kantor Pusatnya QQ di Jakarta sana, biasanya kuliah S2-nya di UI ato UGM. Terus ada AAS yang dulu bernama ADS atau Austalian Award Schoolarship ini yang punya kerjaan orang Australia sana dan kuliahnya di Australia sana juga. QQ sih pada dasarnya menunggu salah satu dari kedua beasiswa tersebut. Namun ternyata pada bulan Februari berdengunglah mengenai beasiswa dari Lee Kuan Yew School of Public Policy yang ada di bawah National University of Singapore.

QQ dapet surat resminya sekitar tanggal 13 Februari dan deadline-nya tanggal 15 Februari, cakeeep. As usual, untuk kabar berita seperti ini, jaringan komunikasi QQ emang selalu terlambat. Di Surat pemberitahuan tersebut tercantum bahwa kita harus daftar sendiri ke situsnya NUS tadi dan bayar sekitar SGD 45, yah sekitar 400 ribu laaah. QQ sih sempet mikirnya yah, modal dikit ga papa laaah. eh tahunya pas buka situsnya, terdapat tulisan, "Application fee (waived)" 
\
Asli QQ bingung, Apa tuh waived...?
Wave... ombak?
Waived... melambai?

dan akhirnya buka google translate dan ternyata artinya "dibebaskan"
Waaah, duit pendaftaran dibebaskan dan QQ malah jadi mikir, "Moga aja orang lain pada ga daftar karena mikir males mau bayar duit pendaftaran tadi... hahaha.."

Akhirnya 2 hari QQ gunakan secara maksimal untuk melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, termasuk 3 essai dalam bahasa inggris. Semuanya QQ scan dan tinggal menunggu kabar. Ternyata sekitaran awal Maret QQ dapet panggilan dan keluar surat ijin dari Kantor Pusat untuk mengikuti test terkait. Suratnya itu bukan dari kantor Pusatnya QQ, tapi dari atasannya lagi. Wah, ternyata nih tingkat seleksinya, tingkat Kementerian.

Awalnya sih sempet ragu juga, mengingat nih ongkosnya tanggung sendiri. Tapi alhasil dengan nadah ke orang tua, dapet deh bantuan tiket. Ga dapet dari Negara, dapet dari ORTU... hahaha...

Pas interview-nya sempet minder juga karena, ikat pinggang lupa bawa, jadi baju dikeluarin. Mau pake dasi, kayanya ga pantes kalo bajunya ga masuk celana. akhirnya dandanan semi-formal-casual. Ternyata saingan QQ kayanya bukan dari Kementerian Keuangan, tapi ada yang dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Hukum dan HAM. Malah kayanya yang dari Kementerian Keuangan, QQ sendiri. wakakaka... kayanya beneran pada males daftar karena bayar. hahaha...

Pada dasarnya, untuk test-nya itu QQ asli ga nyiapin apa-apa. Karena interview, mengarang dan basic math test. Interview dan Mengarang dalam bahasa Inggris sih pada dasarnya QQ hanya perlu mempersiapkan diri aja, dan basic math test-nya yah namanya aja udah basic, QQ mikir bakal kaya Test Potensi Akademin (TPA) yang bener-bener tes matematika dasar.

Eh ternyata..........
Basic Math Test-nya itu beneran matematika. Ada masalah Kurva Permintaan dan Penawaran, masalah Peluang, mean, median dan masalah matematika ekonomi lainnya yang QQ ga apal  rumusnya. 

Namun pada akhirnya. Mengarang selesai, tes matematika dasar di-cincai-kan dan interview, meski penuh penyesalan, juga selesai. Mumpung di Jakarta, sempet-sempetin maen ice skating aaah.

Sesuai janji yang disampaikan pas interview lalu, pada sekitaran akhir April QQ dapet email dari pemberi beasiswanya. Ternyata isinya adalah Penawaran alias pemberitahuan kalo QQ diterima buat beasiswa tersebut. 

Rasanya pengen loncat kegirangan dan teriak ke seluruh dunia... Tapi sekali lagi, takut trauma D4 terulang. hahaha...
Akhirnya semuanya ditangani secara anggun dan penuh kehati-hatian, semua syarat dilengkapi dulu sampe ke Surat Keterangan HIV Negatif. Untung hasilnya negatif. hehehe...

Pernyataan konfirmasi penerimaan dokumen via email dan pos dari pihak Singapur udan oke, Surat Ijin dari Kantor Pusat udah keluar (meski setahun dan kudu diperpanjang setahun lagi), namun ternyata QQ kok masih memiliki keraguan, kaya seolah-olah, "Ini beneran ga sih??? dan apa beneran QQ lulus dan bakal kuliah di Singapura??"

QQ juga masih menunggu konfirmasi lanjutan dari Pihak Pemberi Beasiswa terkait surat beneran yang menyatakan bahwa QQ diterima dan menunggu tiket pesawatnya nih... hehe...

QQ takut PAMALI sih, terlalu berbahagia untuk sesuatu yang belum pasti terjadi. Rasanya semuanya masih bisa terbatalkan. Man propose, GOD dispose lah... QQ berharap bahwa ini bener-bener yang terbaik buat QQ dan semoga saja jalan ke depannya lancar. Terus siap-siap deh kuliah di Singapura.

tapi tetep aja, motto anak muda mah, "PART TIME STUDENT, FULL TIME TOURIST" hahahaha...!!! QQ mau kuliah di Singapurrrrr.........
Let's get lost.

No comments:

Post a Comment