Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Tuesday, May 7, 2013

Banjir Iklan Social Media

Sebenernya booming media online chatting bukan baru sekarang aja munculnya. Kayanya sih udah dari jaman dahulu kala, mulai dari Yahoo Messenger lah, terus muncul Google Talk, kemudian lanjut ada Skype, bahkan dari pendahulunya banget itu yang masih pake MS-Dos sulu itu, duh lupa namanya... saking lamanya... hehehe...

Namun ketika media-media online chatting tersebut muncul, mereka booming-nya di kalangan, yaah tahu sama tahu aja lah. Ntar yang satu punya ID, kemudian mengundang temennya dan temennya itu mengundang temennya lagi, dan akhirnya sebuah jaringan terbentuk.

Namun di tahun-tahun terakhir ini, Media online chatting tersebut semakin berani dan bermodal untuk menerbitkan iklan atas produk/jasa yang mereka tawarkan, bahkan ada yang menawarkan hadiah untuk mendownload aplikasi tersebut. 

Tiga media online chatting yang lagi hot sekarang antara lain Line, WeChat dan Kakao Talk. Tiga media online chatting ini berusaha memperebutkan kalangan anak muda yang memang menggilai media pertemanan online ini.

Ga tahu siapa yang bilang kutipan ini, tapi QQ sih pertama kali dengernya, dari seorang Dosen Akuntansi pas kuliah dulu, Bapaknya bilang gini, "Media pertemanan dunia maya tuh mendekatkan yang jauh, namun menjauhkan yang dekat"
Waktu itu beliau sambil menunjukkan sebuah gambar dua orang yang sedang duduk di taman, bersebelahan. Namun keduanya sibuk dengan smartphone mereka masing-masing untuk berbicara dengan teman 'maya' mereka yang jauh disana.

Dengan media ini, kita bisa menggapai sahabat nun jauh di benua yang berbeda. Namun ketika ada orang asing berada di sebelah kita, kayanya kita enggan menyapanya untuk mengajak kenalan. 

Mungkin inilah salah satu keajaiban dunia maya yang membuat begitu banyak orang terpikat untuk memasukinya dan ketika sudah masuk, enggan untuk keluar. Ketika kita dalam dunia nyata, untuk menyapa seseorang tuh begitu berat rasanya. akan banyak keraguan dalam benak kita, "Bagaimana jika dia terganggu? Bagaimana jika dia menilai kita jelek? Bagaimana ini dan bagaimana itu..."

Tapi, jika di media sosial dunia maya, seandainya kita di-reject request-nya pun kita tidak perduli dan tidak terlalu sakit hati, karena penolakan itu tidak langsung terjadi di hadapan kita. We couldn't care-less about that. 

Dan kemudian, media sosial pertemanan ini meluas. Facebook kemudian memiliki fasilitas chatting juga, bahkan Path juga mengembangkan fasilitas chatting ini bagi pengguna-pengunanya. 

Dulu juga kalo ga salah yang pernah nebeng di iklannya XL tuh ada Pinterest tapi kayanya tuh media sosial ga terlalu booming.Kemudian ada juga media sosial yang berdasarkan fotografi, dimana kemudian menjadi media Narsisme, Instagram.

Kemudian menjadi tidak aneh jika satu orang memiliki banyak akun di media sosial yang berbeda.

Dulu QQ pas ada Facebook, rasanya enggan banget beranjak dari Friendster. Kemudian muncul Twitter, kemudian ada pula media sosial berdasarkan lokasi Foursquare dan diikuti oleh anak cabangnya Yahoo yaitu Yahoo Koprol. Kemudian setelah itu QQ sempet ikutan Skype dan KiK Messenger. Kemudian mewabahlah itu Instagram dan QQ pun ikut bikin akun baru. Terbaru adalah QQ bikin akun WeChat, Line dan Path

hmmm.... kalo dipikir-pikir, masih terkecuali pula akun GMail dan Yahoo yang QQ punya, dan oh, dulu email pertama QQ tuh adalah Keromail.... astaga, apa kabar tuh email server yaaaa.....?          

Kalo dipikir-pikir sih, QQ emang lebih banyak hidup di dunia maya aja dibandingkan di dunia nyata... hahaha...
Mengesampingkan beratus-ratus alasan QQ untuk memiliki akun-akun tersebut, tetep aja alasan utamanya adalah karena QQ sulit bergaul di dunia nyata... hahaha...

Yah, semoga saja dengan semakin marak bahkan semakin bermodalnya media-media online ini untuk memasarkan produk mereka, Kita sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, akan dapat lebih lancar berinteraksi sosial secara langsung daripada berinteraksi sosial secara maya.

Marikah kita mulai menggunakan Media sosial ini untuk mendekatkan yang jauh dan semakin mendekatkan yang dekat.
#IngaIngaTring   

No comments:

Post a Comment