Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Monday, May 27, 2013

Smartphone StupidUsers

Adanya fasilitas Broadcast Message seharusnya tujuannya mempermudah bagi kita yang ingin mengirim satu pesan ke banyak orang. Namun dalam pelaksanaannya, karena kebodohan pengguna smartphone, yang terjadi adalah fasilitas broadcast message menjadi sebuah fitur yang sangat mengganggu.

Pernah dapet BM kaya gini ga? "Ada gangguan server di pusat Blackberry, Jika kamu tidak meneruskan BM ini, maka seluruh kontak kamu akan terhapus"
Sekarang coba kita analisa pesan ini sebagai smart people yang menggunakan smartphone
1. Emang kontak BBM bisa terhapus begitu saja?
2. Emangnya BB kita error, sehingga kontak kita hilang semua?
3. Emangnya kita ga bisa backup aja, trus restore lagi kalo hilang?
4. Kenapa harus kirim ke semua kontak kita sebagai syaratnya?

Nah, kalo pemilik smartphone belum menyadari hal ini, harusnya mereka pake-nya Nokia 3310 aja, jangan pake BB.

Dan kadang yang lebih anehnya lagi, hal ini tidak hanya terjadi sekali, tapi berulang-ulang kali. Malah semalem QQ dapet BM yang cukup stupid. Isinya menyatkaan bahwa ada nenek-nenek kecelakaan, trus tubuhnya sampe terpisah-pisah. Jadi kalo ga nerusin nih BM, Nanti tuh nenek-nenek dateng jam 9.30 buat mencungkil mata kita. Malah bilangnya pake kata-kata, bahwa ini kisah nyata dan bisa dipastikan di google.

Oh come on.......!!!!! Tolonglah, kalo kita punya handphone pintar, jangan jadi pengguna yang bego. Mari kita analisis sekali lagi, sebagai orang yang pintar dan bijaksana.
1. Ayolaaah, hari gini masih percaya hal kaya gitu?
2. Apa coba hubungannya tuh hantu nenek-nenek ama meneruskan BM ke semua kontak kita?
3. Emangnya tuh hantu nenek-nenek tahu kalo kita meneruskan BM tadi ke semua kontak kita?
4.  Kok bisa hantu pake teknologi?

Ah, kadang kalo mikir... orang biasa aja kayanya mikir kalo ini tuh bego bener.
Masa orang lebih percaya hal kaya gini daripada percaya ama Tuhan. 

Lantas kemudian dia mem-broadcast pesan ini ke seluruh kontaknya sambil meminta maaf. Apa gunanyaaaa???

Nih buktinya, Pagi ini QQ bangun pagi dan Alhamdulillah dua mata QQ masih nempel di tempatnya. Ga ada tuh nenek-nenek datang buat ngambil mata QQ. Sekarang terbukti khan? Jahat banget tuh orang yang memulai BM ini dan tolol banget orang-orang yang meneruskan BM ini. 

QQ sedari awal punya BB, paling benci ama yang namanya Broadcast Message ini. Kecuali kalo memang kita ingin menyampaikan undangan atau pemberitahuan untuk komunitas yang terbatas. Ga semua pesan harus diteruskan ke BM. Lelucon konyol? perlu ya diteruskan ke semua kontak? Ada tips bagus? perlu ya diteruskan ke semua kontak? Masalahnya adalah ada orang yang lagi butuh, namun QQ yakin, banyakan yang ga butuh.

Kalo memang kita bermaksud menghibur temen, kirim aja via private message ga harus via broadcast message khan? Kalo kita kirim via private message, pesan akan terasa lebih personal. Wah, apalagi kalo pas liburan Lebaran, Natal atau Tahun Baru. Yang dapat dipastikan adalah Banjir BM. Minta maaf kok via BM? Kalo QQ bilang, ketulusannya dipertanyakan.


Mengapa dipertanyakan?
Kalo menurut QQ, ucapan itu seharusnya bersifat personal dari kita untuk orang tertentu. Kalo misalkan satu ucapan terus kita bagi-bagi ke semua orang, maka ga ada yang spesial, padahal seharusnya kita membuat semua temen-temen kita merasa spesial.

"Tapi kontak BBM aku ada ratusan" ngelesnya.


Sekarang tanyakan lagi pada diri kita. Yakin kita butuh ngasih ucapan selamat dan minta maaf ke semuanya?
Kalo emang semua ratusan kontak itu emang beneran temen deket, maka itu adalah tanggung jawab kita sebagai seorang temen. Kalo emang kita pemalas, maka ga usah punya temen banyak.


Hahahaha...
Kadang emang kita tuh punya HP udah kecanggihan. Sehingga mungkin belum saatnya kita untuk memiliki smartphone tersebut. QQ aja kadang bingung, nih BB napa namanya HP Pintar yaa? perasaan bisanya BBM doang... hahahaha...

Yah, udah saatnya kita menyetarakan kepintaran kita dengan HP yang kita miliki. Jangan sampe, HP-nya pinter, yang punyanya bego.

No comments:

Post a Comment