Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Wednesday, April 17, 2013

Go Fast or Go Far....?

Terinspirasi dari status BBM temen beberapa waktu yang lalu. udah lama tapi masih terkenang aja nih sampe sekarang.

"If you want to go fast, go alone. But if you wanna go far, go together"

Yah, kurang lebih gitu lah.
Karena terkadang QQ mikir, QQ tuh termasuk pada orang yang pengen selalu go fast, karena itulah QQ terkadan lebih suka bekerja sendiri. Namun berdasarkan kutipan tadi, kalo kita mau pergi lebih jauh, maka pergilah bersama-sama.

Darn, that is so right!
Misalkan aja nih ada sebuah kasus. Kita mau melintasi Gurun Sahara. 
ada si A yang hanya terdiri dari 1 orang dan tim B yang terdiri dari 5 orang.

Si A kemudian hanya membawa apa yang dia perlukan dan kemudian bisa langsung berjalan melintasi Gurun Sahara.

Namun apa yang terjadi pada Tim B..?
Tim B akan berkoordinasi dulu. Mereka akan memutuskan kapan waktu berangkat, siapa yang bawa apa, nanti tugas masing-masing anggota kelompok apa, persiapan kalo terjadi hal-hal yang tidak diduga. Kemudian mereka baru berangkat mungkin 3 hari kemudian karena kata sepakat susah didapat.

Dari keadaan awal ini, keuntungan berangkat sendiri adalah kita ga perlu rapat dan mencari kata sepakat. Kita bisa langsung berangkat dan ga perlu opini kedua atau apapun. Ga ada yang menghalangi kita dari pergi secepat mungkin untuk menuntaskan misi.

Namun, di Gurun Sahara, apa yang terjadi.

Si A sendirian terlalu banyak membawa barang, sehingga dia cepat lelah karena membawa semua beban sendirian. Dia mungkin bisa melintasi gurun tapi dengan terengah-engah dan penuh perjuangan.

Tim B, meskipun memulainya agak terlambat tapi karena ada pembagian tugas yang jelas dan ada pembagian beban yang jelas, Mereka dapat bertahan dengan baik di Gurun tersebut. Pada akhirnya mereka bisa membawa seluruh anggota tim tiba melintasi Gurun Sahara dengan selamat.

Bener banget ga sih kutipan di atas tadi?
"Kalo kita pengen tiba dengan cepat, maka berangkat aja sendiri. Tapi kalo kita pengen pergi jauh, maka pergilah bersama-sama"

Tapi meskipun begitu, sangat sulit bagi QQ untuk mengabaikan mengenai sulitnya mencapai kata sepakat dalam kelompok dan berbagi tugas. Males banget kalo ntar pembagian tugas dalam tim tuh ga adil atau satu dua orang malas kerja dan pada akhirnya karena itu kerja tim, semua orang mendapatkan pembagian yang sama atas suksesnya pekerjaan tersebut.

Bekerja sendiri tuh emang lebih sulit, tapi kita ga perlu ribet dengan urusan-urusan kecil yang justru akan membuat kegiatan menjadi terhambat. Pekerjaan saat ini terkadang lebih membutuhkan kecepatan, yang penting beres.

Sekarang sih QQ lebih mikirnya, Misalkan ada sebuah kegiatan atau QQ punya sebuah tujuan dalam hidup ini. QQ akan melihat, apakah QQ butuh ini cepat atau QQ harus mencapai tujuan yang lebih besar lagi? Kalo QQ cuma butuh cepat, maka QQ akan memilih kerja sendiri aja. Namun jika QQ melihat sebuah pekerjaan tersebut memiliki tujuan yang lebih besar, yang dimana QQ kayanya tahu kalo QQ ga mampu mencapainya sendirian, maka QQ akan mengajak orang untuk bekerja dalam sebuah TIM. Dengan kepeminpinan yang baik dan anggota tim yang solid, QQ mungkin akan merasa nyaman bekerja dalam sebuah tim.

Tapi sampai Tim Impian tadi terbentuk, kayanya pergi cepet aja deh untuk sekarang. hahahaha... Sambil melatih diri QQ jika suatu saat nanti menjadi pemimpin tim, bisa jadi Pimpinan Tim yang mumpuni. Seakrang sih berusaha jadi anggota tim yang baik aja, jika terpaksa tergabung dalam sebuah tim. #wink

No comments:

Post a Comment