Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Thursday, July 25, 2013

Selalu ada yang Pertama di Tiap Ramadhan

Kalo mau mengukur aktivitas QQ pindah-pindah kaya kucing beranak, mungkin bisa dilihat di tiap bulan Ramadhan. Mulai dari premiere Puasa di Jakarta, terus puasa pertama di Sibolga, Pindah Puasa pertama di Jogja, terus balik lagi Jakarta, Tahun lalu di Padang dan untuk pertama kalinya setelah sekian lama, Puasa Pertama tahun ini QQ di Palembang dan Sekarang, pertengahan puasa QQ juga menikmati pertama kalinya puasa di Singapura.

Hidup yaa.... siapa yang bakal menduga?
Ada yang mau bayarin QQ untuk semua perjalanan yang QQ tempuh... hahaha...

Kadang QQ mikir, napalah nih Singapura kok ikutnya GMT +8 yaaa... padahal untuk waktunya kayanya ga beda-beda jauh ama Palembang atau Padang. Dalam benak QQ, penghitungan waktu selalu QQ kaitkan dengan waktu sholat. Idealnya, jam 6 sore itu pas Maghrib dan jam 5 pagi itu pas Subuh. Entah apa karena memang QQ terbiasa kaya gitu di Indonesia yaa...

Ibaratnya, waktu di Indonesia selalu dikira-kita sekitar itulah, bila bergeser dikit, karena itu Indonesia punya 3 bagian waktu. Mungkin untuk hal lain juga, tapi mungkin menurut QQ salah satunya juga untuk mengakomodasi hal tadi. Namun ketika di Singapura. Sebenernya jadwalnya sama kaya di Indonesia, namun semuanya plus 1.

Ibaratnya Kaya buka kemaren, jam 19.19. Padahal di Indonesia juga masih jam 18.19. Sama aja kaya standar waktunya Indonesia buat berbuka. Tapi karena disini GMT +8 tadi, jadinya berbuka jadi jam 19.19. yang dimana QQ terbiasa jam 6 sore tuh udah mulai gelap, disini masih agak terang.

Nih pagi sahurnya juga gitu. Subuh jam 05.46. Nih sekarang jam 06.37 aja masih gelep di luar.... Karena pada dasarnya masih jam 05.37 waktu Indonesia. Dan kalo dipikir-pikir, puasa QQ kemaren dapet diskon sejam dooong.... hehehe... Ya Alla,moga aja pahalanya ga didiskon juga....

Tiba-tiba QQ kepikir, hmmm... apa ini ya yang namanya jet lag. Orang yang terbiasa akan suatu waktu, kemudian membiasakan diri dengan zona waktu lainnya. Tapiiiii.... perasaan QQ mah, jet lag mah harusnya diderita orang yang mengalami perbedaan waktu cukup besar.

Ibaratnya QQ idup di Indonesia. Kemudian ke Arab Saudi yang beda waktunya 5 jam. QQ nyampe sana misalnya jam 1 siang waktu Indonesia, sedangkan jam sana udahjam 6 sore. Jadi nantinya ketika orang jam 10 malem pada udah tidur, kita masih seger, karena jam tubuh kita bilang itu baru juga jam 5 sore.

Tapi ini cuma sejam, udah gaya serasa jet lag. hahaha....
Yah, ini mungkin hal kecil, namun tetap butuh sebuah penyesuaian. Secara waktu di jam, ini udah jam 06.42, tapi QQ tetep aja hobi nge-convert ke waktu Indonesia bagian barat. Jam segini mah di Indonesia masih jam 05.42. Masa udah mau jam 7 masih gelep aja di luar. hahaha...

jadi,orang sini ya masuk kerjanya jam 08.30 sampe jam 18.00, which means kurang lebih sama ama di Indonesia, jam 07.30 sampe jam 17.00. Yah, ini akan menjadi misteri kenapa Singapura lebih memilih GMT +8. Dan konon katanya Indonesia juga nantinya ke depan mau disatukan waktunya yang sebelumnya GMT+7, GMT+8 dan GMT+9 mau diratakan dari barat ampe timur jadi GMT+8.

Yah, entahlah apa pengaruhnya. Ibarat kata teori tuh, survival of the fittest. Intinya adalah beradaptasi terhadap segala perubahan. Karena pada dasarnya, waktu secara bulan dan matahari bedanya ga terlalu ekstrim, cuma harus menyesuaikan diri ama jamnya aja. Sekarang matahari terbenam jam 7-an dan Subuh jam 6-an. 

Untung ga di negara belahan bumi utara atau selatan. Yang bisa aja Siang lebih lama daripada Malam atau Malamnya lebih lama dari Malam. Konon katanya, puasa di Eropa sana bisa-bisa sampe 19 jam-an. Sementara di Indonesia 12-13 jam-an. Jadi penyesuaian ini ga terlalu ekstrim.

Tapi ini tetap yang pertama, hahaha...
Tinggal usaha buat mengatur sahur dan buka aja nih supaya waktunya pas dan makannya enak, serta tetep murah meriah... hahaha... 
Insya Allah bisa....

No comments:

Post a Comment