Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Monday, July 29, 2013

Perubahan Bahasa dan Hal Baru

Pernah ga kita memperhatikan bahasa yang digunakan seseorang dalam social media yang mereka gunakan? Ada yang menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing untuk menulis status, ada juga yang pake bahasa Indonesia namun ada juga yang pake bahasa Inggris. Kalo mau diperhatikan lebih dalam lagi, status itu adalah apa yang ingin kita komunikasikan kepada lingkungan orang-orang yang ada di social media kita.

Jadi kalo seseorang melakukan update statusnya dalam bahasa daerah, maka lingkungan pertemanan dia dalam social media tersebut dapat dipastikan mayoritasnya adalah orang-orang lokal atau satu kota dengan si penulis tersebut. Jika bahasa Indonesia, maka mungkin pergaulannya sudah nasional karena jika dia tetap menggunakan bahasa daerahnya, maka beberapa orang teman-temannya tidak akan mengerti.

Nah sekarang QQ mulai berpikir untuk meng-update penggunaan bahasa QQ ke bahasa Inggris, karena meski belum banyak, kayanya kasihan juga kalo ada yang nge-add QQ di sini dan dia nggak ngerti apa yang QQ tulis. GR yaaa.... hahahaha, macem ada yang merhatiin aja... hahahaha....

Sampe SMA, QQ sudah menjadi warga Palembang, kemudian mulai kuliah QQ menjadi warga Nasional lingkup Indonesia dan sekarang QQ pengen jadi warga Internasional. hee... Jadi QQ akan mulai berusaha untuk menggunakan bahasa Inggris untuk menulis baik itu status atau blog

Sebenernya sih bukan karena apa yaaa... tapi memang kayanya udah saatnya aja. Sekarang QQ sehari-hari udah ngemeng bahasa Inggris melulu. OMG, rasanya susah banget karena nggak terbiasa tadi. Seharusnya kayanya dari dulu deh QQ mulai ngemeng-ngemeng dan nulis-nulis dalam bahasa Inggris, jadi QQ sudah cukup terbiasa dengan baca tulis ala bahasa Inggris.

Namun memang seharusnya apa yang QQ tulis tuh berbicara kepada mayoritas lingkungan QQ sih, sementara lingkungan Facebook QQ tuh paling ga sampe 10% yang berbicara bahasa Inggris, sisanya berbicara bahasa Indonesia. Namun kalo QQ rasa, ga cuma sekalian QQ melatih diri akan baca dan tulis bahasa Inggris, siapa tahu kalian-kalian semua penggemar QQ bisa sekalian melatih bahaasa Inggris dan mengkoreksi kalo-kalo QQ ada salah tulis, salah ejaan dan salah struktur kata.

eeeh, wait a minute....
Serasa banget ya QQ, hahahaha.... beneran kah ada penggemarnya?? hahahaha...
Jangan-jangan sebenernya mau nulis pake bahasa apaaa juga, belum tentu ada yang perduli... hahaha... yah, kalo gitu, mungkin ga ada yang perduli juga kalo QQ nulis pake bahasa Inggris.

Namun, untuk kalian yang beneran penggemar nih blog dan suka mantengin status-status QQ... makasiiih.... 
Jadi kalo misalnya ada yang minta translate, nanti QQ buat versi dua bahasa deh... :)

Malah sekarang QQ juga berpikir untuk memulai sebuah VLog alias Video Blog. Beberapa hari ini QQ mantengin VLog seseorang dan kok kayanya menarik. Well, first of all, QQ sendiri bukanlah seorang yang suka membaca, QQ lebih suka memperhatikan sesuatu yang bergerak dan berbicara.

Namun masalahnya untuk buat VLog ini ada dua. Satu, QQ demam kamera.... dan dua dulu koneksi internetnya itu lemot.

Well, sekarang dan sampe ke depannya mungkin QQ akan dituntut untuk sering berbicara dan presentasi di depan kelas, jadi sebenernya kalo QQ mulai membuat VLog ini, QQ bisa sambil belajar juga untuk berpresentasi dan sekaligus mendapatkan feedback akan penampilan QQ agar terus menerus semakin membaik di masa yang akan datang. 

Sedangkan untuk koneksi internet... wah maknyos, nih koneksi WiFi disini kuenceeeeeng sedeppp. Jadi kayanya kalo QQ mau upload sebuah video ke YouTube mungkin akan lebih mudah daripada sebelumnya. Kemaren coba donlot, speed-nya up to 1,2 GBps... giga yaaa, GIGA. Sedep ga tuuuh...??

Yah, semua perubahan ini mungkin ga ada yang terlalu memperhatikan kecuali beberapa orang. Jadi, let's go with it anyway

So let me close today's journal with a story about change.
The nature has its course in terms of change. Although I'm not 100% agree with the Darwin Theory, he did say something right. The one who can survive doesn't always the strongest or the biggest one. Well, dinosaur extinct. The one who can survive is the one who can adapt to change that happens around them.

This is one of my effort to adjust my self to the change that happen in my life. My surrounding is changing now, I'm no longer in a place of my comfort level. I guess I just simply has to step up my game and keep improving my self to the level where I can survive in this place.

I just finally hope that all of you will bear with me through this and who knows, you still can take something good out of my experience. 

Have a good day and let's start a new day TODAY.

No comments:

Post a Comment