Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Friday, June 16, 2006

di Masjid...




Pada
suatu kesempatan Sholat, aku berlari-lari menuju Masjid karena aku merasa
telat, karena Iqamah telah dikumandangkan....

Aku melewati beberapa temen yang jalan bisa [nggak lari....].... kulewati
mereka...... dan aku berlari...... ternyata hasil lariku ada hasilnya karena
aku berhasil mengejar jamaah pada rakaat pertama........



Tapi sebuah teguran melayang padaku setelah sholat.. [untung bukan tangan yang
melayang..., sereeem masa ada tangan melayang-layang...?].... ah, pokoknya
temenku menegur aku geto......

"Q, nggak boleh kali lari-lari kaya kamu tadi...."

"Hah, tahu dari mana?" balasku.

"Tuh artikelnya ada didepan..."

"Ntar deh, kubaca..."



Setelah selesai berdoa dan membiarkan semua orang selesai sholat sehingga aku
nggak perlu melangkah didepan orang yang sedang sholat....

Aku keluar dan membaca.....

oops.... sebelum kuberitahu isi bacaan aku.... begini pandanganku dan mengapa
aku berlari.......

Aku pikir......

berdasarkan hadits.....itu loh yang soal.... Barang siapa yang mendekat kepada
4JJI dengan berjalan, maka 4JJI akan mendekat dengan berlari..... terus kalo
kita mendekat kepada 4JJI dengan berlari, .... nah, ini aku lupa
terusannya.......... pokoknya gitu...

Jadi kupikir, aku akan berlari mendekat pada 4JJI supaya 4JJI akan semakin
dekat padaku.........

Tapi ternyata...

Kata-kata di hadits yang terpajang di artikel itu.... menyatakan bahwa...

aku lupa juga deh isi komplitnya, tapi kira-kira gini...

"Jangan berlari menuju masjid, namun berjalanlah dengan khidmat, dan bila
tertinggal, penuhilah kekuranganmu..."

Gitu..........



Ooooooh... gitu...........................

Ternyata, ada aturannya ya......................

Hm.... baiklah, kalo gitu aku tidak akan berlari-lari lagi menuju Masjid......

tapi tetep aja, jangna juga jalannya jadi nyantai, kaya orang keraton
gitu...!!!!

Mungkin akan lebih baik... Penuhilah panggilan Azan tepat pada waktunya, jadi
kita akan tiba di Masjid pada waktunya dan tidak perlu mengejar-ngejar.....

Semoga telingaku dipertajam untuk mendengar suara panggilan ini........

amiiin............



NEXT TOPIC!!!!!!!

Ohya, kadang di Mesjid tuh juga kok kayanya orang2 tuh pada jalan dengan santai
aja ya didepan orang yang sedang sholat.....

dan aku tuh teringat juga soal hadits yang berbunyi, "Janganlah kamu
melintas didepan orang yang sedang sholat, andai kamu tahu balasannya, niscaya
lebih baik kamu menunggu selama 40"

nah, ini dia, dari dulu aku tuh nggak tahu satuannya 40 nih apa.... jadi aku
mengasumsikan waktu....... jadi lebih waik menunggu selama 40 hari/jam kek
sampe tuh orang selesai sholat............



Tapi, ternyata masalah ini juga di bahas di artikel tadi itu... ternyata.....
"Andai kamu tahu basalannya, niscaya kamu akan merasa lebih baik mengambil
jarak sejauh 40" dan disini kayanya 40 itu diasumsikan sebagai jarak deh....
40 meter/40 shaf..??? who knows........



Tapi yang penting itu... kayanya melintas di depan orang sholat itu
sangat-sangat-sangat tidak dianjurkan.........

Mari ditelaah............

Yang
jelas.....

dengan melintas itu, kita mengganggu konsentrasi si orang yang sedang sholat
itu...... ibaratnya itu..... ada si Joko yang lagi ngomong dengan si
Ani......... nah, tiba2 kita mengganggku konsentrasi si Joko.....

Ani khan ngera, nih orang pengganggu dan dia bakal kesel.....

Begitulah.... seorang yang lagi sholat, dia fokus dan konsentrasi dengan 4JJI
yang dia sembah... tiba2 sekonyong2 ada orang lewat dan konsentrasi orang yang
lagi sholat itu keganggu....

Murka 4JJI atas orang yang telah memecahkan konsentrasi si orang yang sedang
bertatapan dengan-Nya......

Baru-baru ini......
aku mikir.... kenapa Imam itu ada didepan dan jamaah
yang telat itu secara otomatis dibelakang..... dan pada akhirnya... jemaah yang
didepan itu jadi cenderung lebih lama keluarnya karena mereka nggak bisa
melintas karena masih ada yang sholat dibelakang.........

Aku berpikir... [tumben QQ mikir..] jangan-jangan Para jemaah yang berada di
depan itu 4JJI sangat sayangi mereka, sehingga Ia nggak mau semuanya keluar
dengan cepat... Ia ingin bertatapan lebih lama dengan mereka........

Karena itulah... apabila, mereka yang berada didepan, disayangi 4JJI, sedang
ditatap matanya...... tapi mereka malah keluar dengan buru-buru bahkan sambil
melintas didepan orang yang sedang sholat.....

Astaga.......... anda telah mencuekkan 4JJI.....

Kenapa nggak sambil menunggu itu.... kita merenung dikit..... berdo'a....
memohon kebaikan untuk kita dan orang lain..........

Kita disayang 4JJI gitu loh......

Ya... kecuali ada urusan yang mendadak... tapi tetep.... jangan sampai melintas
didepan orang yang sedang sholat...............!!!!



Dan satu
lagi..................


Dering
Hp............ Manusia itu emang sarangnya Lupa dan Khilaf...
tapi........Perasaan aku...... di tiap pintu masjid tuh ada tulisan yang selalu
mengingatkan manusia untuk mematikan HP...atau minimal di-silence
lah.............

Tapi............... teteeeeeeeeeeeeeeeeeeep aja.....

Ntar pas lagi sholat........ ada aja dering HP.......... lagu ini-lah... lagu
itu-lah......



Bahayanya.......... kalo kupikir sih sama aja dengan melintas deh... tapi ibaratnya
andai ada orang melintas, kita bisa tutup mata dan kembali mengkonsentrasikan
diri kita untuk fokus kepada 4JJI....

tapi kalo ringtone HP......... emangnya kita bisa tutup kuping????

terus lagi kalo lagunya bagus.... ada aja orang yang penasaran dan jadinya
malah menikmati lagu itu............



Kalo kita melintasi orang yang lagi sholat... kita hanya menghancurkan
konsentrasi orang yang kita lewati aja..........

Tapi kalo sering HP......... semua orang yang mendengarnya terganggu.........
bayangin aja tuh!!!!

Betapa murkanya 4JJI...................



Masjid itu rumah 4JJI, muliakanlah.... dan jangan mengacau di rumah yang mulia
itu.......!!

Sucikan hati dan sucikan diri sebelum memasukinya...

Semoga kita mendapat berkah dan rahmat-Nya selalu...

Amiiin..................





No comments:

Post a Comment