Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Wednesday, December 25, 2013

Jalan-Jalan Murah di Singapura

Sampe sekarang, QQ masih mengidentikkan Singapura tuh dengan MAHAL. Yah, itu emang kenyataan yang ga bisa dipungkirin, karena emang kenyataannya punya mata uang Rupiah yang terus melemah tuh bukan sesuatu yang menguntungkan di Singapura. Namun eh namun, janganlah kisanak pada berputus asa, karena sungguh putus asa itu adalah dosa besar. Berikut QQ akan membahas mengenai jalan-jalan murah di Singapura.

Disclaimer:
Exclude Hotel, transport, makan dll. 
QQ hanya akan membahas masalah tempat tujuan wisata yang murah meriah hingga gratis. Kalo masalah Hotel mah emang mahal, kecuali nginepnya di Hostel Backpacker, hahaha...
Dan, blog ini kayanya bakal panjang banget... kalo ga tahan.. langsung ke bawah aja ke bagian kesimpulannya... hahaha...

Modal dalam jalan-jalan ke Singapura adalah peta MRT, kartu EZ Link atau Tourist Pass dan Aplikasi Singapore Map serta satu botol minum yang bisa diisi ulang di keran-keran yang tersedia dimana-mana. Oh satu lagi yang cukup penting, siapkan stamina terutama daya tahan kaki dalam jalan-jalan, karena mayoritas jalan-jalan di Singapura menuntut anda untuk banyak jalan kaki. Perjalanan berikut cukup ditempuh dalam 2 hari dua malam. Jadi kalo emang mau, cukup dateng Jum'at malem dan pulang minggu sore.

Jadi, Jum'at pulang kerja langsung cuss ke Bandara, nyampe di Singapura khan malem, langsung istirahat dulu karena jadwal hari Sabtunya bakal penuh.
Yah, ini sh ga harus diselesaikan dalam sehari, tapi buat sekadar contoh, sekalian itinerary-nya ajah. Tapi kalo punya waktu lebih banyak sih, bisa dipisah-pisah harinya, yg penting ini ngebahas tempat-tempat yang bisa dikunjungi dan murah meriah. 

Sabtu pagi bangun sekitar jam 6 dan masih smpet tuh sholat Subuh karena matahari terbit jam 7-an. Mandi, siap-siap jalan jam 8 pagi. Tujuan pertama adalah Pulau Sentosa. Cara menuju kesana adalah dari manapun anda berada, carilah stasium MRT terdekat dan temukan jalur menuju Stasiun MRT Harbourfront. Harbourfront adalah ujung/pangkalnya jalur Circle Line yang warna orange. 

Setibanya di sana, keluar menuju Mall Vivo City, naik ke lantai 3 ato 4 yaa... pokoknya ikutin aja pentunjuk ke kereta menuju Sentosa Island. Ongkosnya cuma 4 dollar, kalo nggak mau ngantri, gunakan EZ link card anda dan pastikan saldonya ada 4 dollar. Saldo akan segera terpotong di pintu masuk. Setelah itu antri kereta. 

Kereta ini menuju ke Sentosa Island dan stop di tiga pemberhentian. Pemberhentian pertama adalah kalo anda pengen ke Universal Studios, Kedua untuk ke Patung Kakeknya Merlion dan ketiga adalah pemberhentian untuk ke Pantai.

Nah, kalo mau menikmati perjalanan murah meriah ini, kita memulai perjalanan kita dari pemberhentian ketiga dulu. Lupa namanya, pokoknya stasiun paling ujung lah. hahaha... Trus dari situ, kita keluar stasiun dan cari arah petunjuk ke Pantai Siloso. Disana isinya banyak cafe, kalo mau beli makan dan minum, ya biaya tanggung sendiri... hahaha...

Tapi Pantai Siloso itu bagus kok kalo mau photo-photo atau sekedar duduk. Nanti kalo udah puas disana, cari halte pemberhentian shuttle bus terdekat dan nikmati jalan-jalan keliling naik bis gratis. Kita bisa mengelilingi sampe ujung dengan jalan kaki atau naik bus. Kalo kata QQ udah kepalang gratis, ya naik bus aja.. hahaha...

Tuh bis nanti muter sampe ke pantai satunya yang di sisi berlawanannya, pantai Palawan apa ya namanya kalo ga salah. Tapi kalo QQ sih rada males stop di sana, haahaha, QQ enaknya stop di deket Fort Siloso, itu ada sebuah pulau yang dihubungkan dengan Jembatan Tali. Yang masih QQ kurang ngerti, itu dibilangnya adalah Southern Most Point of Continental Asia ato something kaya gitu, nggak ngerti juga maksudnya. Tapi nikmatin aja pantainya di pulau itu atau kalo mau berenang-berenang disana ampe puas. 

Sekonyong-konyong, tuh pulau kalo di peta cuma setitik, tapi luasnya amit-amit...
Nah, anda bisa bersantai dan bermain sepuasnya di sana karena anda memiliki waktu sampe sekitar jam 12-an. kalo udah laper, Segera kembali ke halte terdekat untuk naik shuttle bus menuju ke stasiun kereta ketiga tadi. Kalo anda menyukai jalan kaki dan sedikit trekking, maka anda bisa memilih jalur jalan kaki menuju ke Patung Kakek Merlion. Tapi kalo QQ sih, takut teparrr... hahaha, jadi naik bis ajah.

Trus turun di halte kedua tadi. Disini kita bisa melihat dan poto-poto di depan patung kakek Merlion tadi. QQ sebenernya ga tahu namanya, tapi karena gede, yah untuk membedakannya, yang di Merlion Park, sebut aja Merlion dan di Sentosa, sebut aja Kakeknya Merlion. Disana ada museum sejarah Merllion, tapi masuknya bayar... ada musium peranakan, masuknya juga bayar. Tapiiiiiii.... nikmatin aja disana tuh ada patung merlion itu, trus ada taman bunga dan poto-poto aja di depan tuh musium peranakan, dan itu GRATISSS!!!

Di depan patung Kakek Merlion itu ada food court yang yah, harganya emang sedikit mahal. Kalo mau hemat sih sebenernya bisa dengan beli makanan di luar, dibungkus dan dimakan di pantai tadi... hahaha... tapi jangan buang sampah sembarangan yaa...

Setelah puas menikmati tuh venue-venue di stasiun kedua tadi, kita bisa lanjut ke stasiun pemberhentian pertama. Nah, kalo yang ini, recomended banget jalan kaki aja. Soalnya lebih banyak yang bisa dilihat dan jalannya ga menanjak. Ini adalah jalan menuju Universal Studios dan menuju kesana anda bisa menikmati hal-hal yang bisa anda lihat. Disana juga ada Casino, Lake of Dreams ato something gitu dan banyak pertokoan di sekitar sana. 

Masuk Universal Studio tuh sekitar SGD 74 yah kaliin aja 10ribu buat nilai rupiahnya biar gampang. Dalam perjalanan ini nggak menganjurkan masuk kesana karena 1, mahal dan 2, udah kesiangan. Kecuali kalo emang niat kesana, pas pagi tadi nyampe sana, ya langsung stop aja di pemberhentian pertama tadi dan langsung ke Universal Studio, tapi perjalanan ini ga jadi murah meriah... hahaha...

Tujuan kesini adalah cuma untuk poto-poto di depan tuh bola dunia berkabut... dan GRATISSS... hahahaa....
Setelah itu, jelajahin itu tempat sampe puas. Anda memiliki waktu sampe jam 4 sore. Kalo udah puas disana dan belum jam 4 sore, maka silahkan kembali ke stasiun kereta pertama tadi dan kembali ke Vivo City dan nikmati jalan-jalan di Mall. 

Nah kalo udah jam 4, kembali ke Stasiun MRT Harbourfront tadi dan naik North East Line (jalur Ungu) turun di Outram Park trus ikutin petunjuk untuk ke jalur Hijau (East West Line) cari yang menuju Pasir Ris, tapi turunnya di Raffles Place. Nah disini yang agak tricky. Keluar kereta, ikutin petunjuk arah keluar yang ke arah Merlion Park. Disini emang agak membingungkan kalo ga ada orang yang tahu nih, jadi mending kalo bingung, tanya aja ama orang-orang atau petugas yang ada disana. Jalannya emang agak jauh dan sampe harus nyebrang jalan dan turun tangga ke pinggir kali.

Tujuan selanjutnya adalah ke Merlion Park, tadi kan udah ketemu kakeknya, sekarang ketemu Merlionnya. Di taman ini ada dua patung Merlion. Satu merlion yang muncrat dan satunya cicit merlion, karena kecil banget siih...

Disini adalah tempat yang cocok buat foto-foto karena kita bisa menikmati landmark-landmark Singapura seperti Hotel Marina Bay Sands, Singapore Flyer, Singapore Financial District dan tentunya Merlion itu sendiri. Sebaiknya sih emang cari makan di sekitar sini, atau kalo tadi bungkusannya masih sisa, bisa dibuak dan dilanjutkan disini buat isi tenaga.

Nah, kalo udah jam 6-an itu artinya saatnya untuk bergerak ke tujuan selanjutnya. Naik tangga untuk menyeberang jembatan ke arah Esplanade. Sebuah bangunan yang bentuknya katanya sih kaya landak gitu. Disana ada Theater by the Bay dan kalo ada waktu lain kali, disana ada pertunjukan gratis. Kenapa jalannya jam 6 sore? soalnya anda bisa jalan santai dan istirahat sebentar di Theater by the Bay itu untuk mengumpulkan tenaga kalo capek abis jalan kaki. Terus lanjut menuju Helix Bridge. Nyampe sini sih bagunya ketika matahari udah terbenam dan lampu-lampu di Helix Bridge-nya udah nyala.

Ini adalah jembatan yang konon meniru bentuk DNA makhluk hidup, bentuknya unik. Jembatan ini kita pake untuk menyeberang ke Marina Bay Sand yang Mall-nya bukan hotel, namanya Marina Bay at The Shoppes. Selesai foto-foto di Helix Bridge, segeralah menuju ke bagian belakang MBS at the Shoppes yang deket Toko Louis Vuitton yang di atas sungai. Disana ada semacam panggung yang kalo jam 8 malem ada pertunjukan laser dan air mancur. Dan oh yeah, GRATIS... hahaha...

Kalo malem minggu biasanya rame banget, jadi datanglah sesegera mungkin untuk mendapatkan tempat terbaik untuk anda dan keluarga, hayaah... bahasanya kaya iklan...

Pertunjukan akan berlansung selama 15 menit saja. Tapi saran QQ, jangan buang-buang waktu anda dengan merekamnya. Nikmati saja pengalaman anda ini. Karena ini adalah pertujukan laser yang terintegrasi. Kalo anda sibuk merekam, anda akan lupa menikmati pertunjukannya. Ada Laser, ada asap, bahkan di menit tertentu ada parade busa gitu... kereeen!!!!

Setelah selesai dari sana, segeralah bergerak masuk ke dalam Mall dan ikuti petunjuk untuk menuju Garden by the Bay. Nanti naik ke ataaas, naik eskalator yang udah kaya stairway to heaven ajah. Nanti kita akan jalan terus menembus Marina Bay Sands yang hotelnya. Jalannya santai aja karena pertunjukan yang kita kejar di Garden by the Bay itu jam 20.45. 

Nanti ikuti arah orang-orang jalan menuju ke arah SuperTree alias pohon-pohon besar berwarna ungu yang kalo lagi ungu, udah serasa di dunia avatar aja. Nanti tunggu pengumuman selanjutnya dan nikmati pertunjukan Cahaya dan musik disana. Pertunjukan cahaya dan musik ini berlangsung sekitar 15 menit dan yes, tetep GRATIS...!!!

Nah, selesai pertunjukan ini maka selesailah itinerary untuk hari pertama kita. Jadi segeralah kita kembali ke stasiun MRT terdekat di Bayfront (circle line) dan silahkan mencari jalan pulang menuju ke tempat anda menginap.

Tapi kalo anda masih mau melanjutkan jalan, yah yang masih idup sampe tengah malem tentunya adalah Mustafa Center yang buka 24 jam di daerah little India. Shopping di Mustafa tidak ditanggung resikonya... hahaha...

Setelah tiba di tempat peristirahatan (moga aja bukan peristirahatan terakhir), nikmatin aja tidur kalo perlu oles-oles balsem dulu sebelum tidur, karena seharian udah jalan kemana-mana. hahaha...

Hari Minggu, tergantung penerbangan yang jam berapa, bagusnya sih kalo dapet yang penerbangan sore. Jadi Hari Minggu masih bisa dapet setengah hari untuk jalan-jalan. Pilihan yang QQ recomended adalah Singapore Botanic Garden. Luar biasanya nih Singapura sebagai negara kecil, tapi Tamannya banyak, gede dan yang paling penting, masuknya GRATISSS...!!! kecuali mau masuk taman Anggrek (bukan Mall Taman Anggrek).

Tamannya luaaaaaas banget... kayanya sehari juga ga cukup buat keliling penuh. hahahaha... Tapi di dalemnya banyak objek-objek foto buat yang pada narsis...

Setelah itu selesailah perjalanan 2 hari 2 malam kita di Singapura dan selalu ingat Rule of Thumb-nya... berangkat ke Bandara Singapura, sekitar 3 jam sebelum jam keberangkatan. yah, buat menjaga-jaga kemungkinan yang bisa saja terjadi.

Nah, buat yang males membaca dan langsung menuju ke bagian bawah, ini dia kesimpulannya.
Tempat-tempat jalan yang murah meriah di Singapura adalah:
  1. Pulau Sentosa : biaya S$4 untuk naik monorail. Di dalamnya ada pilihan venue seperti Pantai Siloso, Pantai Palawan, Fort Siloso, Kakek Merlion, Universal Studios dan lain-lain. Kesini cuma buat foto-foto aja dan menikmati view yang ada, kalo masuk ke arena yang bayar, biaya tanggung sendiri... hahaha...
  2. Merlion Park : biaya GRATIS... disini buat foto-foto, kalo perlu dengan gaya paling cheesy sedunia, mulut menganga di ujung pancuran air dari Merlion.
  3. Helix Bridge : biaya GRATIS... disini juga foto-foto khususnya kalo pas udah malem dan lampunya udah pada hidup.
  4. Marina Bay Sands at the Shoppes : biaya GRATIS... disini kita bisa menikmati pertunjukan laser kelas dunia. kereeen!!!!
  5. Garden by the Bay : biaya GRATIS... disini kita bisa menikmati permainan cahaya dan musik di SuperTree sambil menikmati suasana malam di Singapura. 
  6. Opsional : Little India, Mustafa Center. Jebol anggaran karena khilaf tidak ditanggung.
  7. Singapore Botanic Garden : Biaya GRATIS... disini ada pilihan taman-taman seperti Eco Lake, Swan Lake, dan lainnya. Pilihan taman lain yang tersedia adalah Mount Faber Park yang ada Henderson Wave-nya, apa itu?? googling sana... QQ juga belum kesana... hahaha...
 Sekian tips jalan-jalan dari QQ, nanti kalo QQ udah keliling lebih jauh lagi, moga aja list jalan-jalan murah meriahnya makin panjang... hahaha....

Hidup Part-time Student, FULL TIME TOURIST!!!!!


image source:
http://i1.trekearth.com/photos/28148/merlion_sideview.jpg

No comments:

Post a Comment