Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Friday, December 20, 2013

Rekayasa Cinta

Jadi inget lagunya Tante Camelia Malik dengan judul yang sama, tapi kisah nyatanya baru terekspos rame sekarang-sekarang aja. Kisah Adjie Pangestu dan Bella something, Bella Sophi apaa gitu... Lho kok QQ jadi paham masalah gosip kaya gini? Padahal QQ udah jauh-jauh bertapa di gunung supaya bisa menghindari dari masalah keduniawian seperti ini, eh begitu turun gunung masalah ini meleduk kaya tabung gas 3 kilo.

QQ juga ga terlalu paham masalahnya, tapi tiba-tiba channel tipi, di segala talkshow isinya si Adjie curhat soal rekayasan cintanya ama si Bella dan betapa dia merasa ditipu gitu karena akhirnya mereka putus ato gimanaa gitu. Sebagai Master Konspirasi, QQ merasa punya teori tersendiri untuk kasus ini.

QQ juga sih mau yaa kalo seketika out of nowhere tiba-tiba melejit langsung terkenal di seantero jagad raya. Tapi sayangnya, meski badan QQ sebohay Julia Perez, tapi meski tiba-tiba QQ pose telanjang juga, ga ada yang merhatiin alias ga laku dan ga penting. Sejak ribuan tahun yang lalu, manusia selalu mencari sensasi untuk menjadi terkenal dengan mudah.

Kalo ditelaah dari ilmu pemasaran, QQ punya teori tentang Annoying Marketing. Ga tahu deh udah ada pakar lain yang punya teori soal ini apa belum. Tapi kalo yang paham iklan-iklannya Garuda Food, buset dah... tuh iklan beneran ga ada mutunya. Tapi somehow, brand-nya melekat di benak konsumen dan mereka cukup berhasil memasarkan produk-produk mereka. Ini adalah sensasi. Meskipun orang pada mulanya membicarakan betapa mengganggunya iklan produk ini, namun secara tidak langsung, dari pembicaraan itu malah menyebarkan brand yang ingin dipasarkan.

Percaya ga percaya, orang lebih gampang menyebarkan kabar ketika mereka merasa terganggu atau dirugikan daripada ketika mereka merasa puas atau diuntungkan.

Jadi ini adalah resep QQ untuk menjadi terkenal secara instan, dengan berguru pada pengalaman Adjie dan Bella, melalui sebuah rekayasa cinta.

Langkah 1. Bikin Deal ama Artis yang udah agak pudar.
Kenapa?? Kalo artis lagi naik daun mahaaaal, trus kalo artis yang emang udah pudar, mereka juga butuh sensasi. Jadi bisa aja gratis, ga perlu dibayar. Karena dua pihak bisa sama-sama diuntungkan. Kalaupun mereka minta bayaran, yah cenderung lebih murah laaah.

Langkah 2. Bikin sensasi kisah-kisah romantis
Baru kenal, tapi kok kayanya udah serius. Wah infotaiment pasti langsung haus dan penasaran. Apalagi kalo baru kenal langsung mau tunangan trus kawin. Makin bertanya-tanya deh. Bisa makin ceper melejitnya. Apalagi ada gosip kalo udah ada jabang bayi dalam kandungan.

Peeta ama Katnis aja bisa selamat dan menang The Hunger Games pertama karena cerita cinta yang direkayasa. Luar biasa memang kisah-kisah romantis ini bisa mempengaruhi para pemirsa tipi Indonesia.

Apalagi kalo bisa bikin kisah yang merenyuhkan hati, yang bisa orang-orang merasa kayanya "gua banget nih". Supaya makin real, ceritanya dibuat kaya dongeng. Photo prewed di Bali ato kalo perlu di Afrika sana sambil ngasih makan anak-anak miskin. Kalo modalnya gede yaaa...

Langkah 3. Putus-Nyambung
Pada suatu tahap, kalo cinta rekayasanya ga bisa tumbuh jadi cinta nyata, pasti banyak cekcoknya dan akhirnya putus nyambung. Bikin cerita sensasional mengapa bisa putus. Tapi kemudian beberapa waktu balikan lagi karena mengatasnamakan cinta dan kasih sayang. Wah, kalo ada pasangan kaya gini putus nyambung, infotaiment bakal kaya anjing di siang hari yang panas, lidahnya pada menjulur...

Langkah 4. Buat Pengakuan Rekayasa Cinta
Mau kawin beneran, nanti rempong pas cerai dan mempengaruhi image "perawan/perjaka" jadi kalo ga kawin-kawin nanti media curiga dan merasa aneh. Jadi bikin cerita sensasional selanjutnya, "Cinta kami hanya rekayasa karena salah satu pihak ingin cepat terkenal" dan kemudian mulai kedua pihak merasa sebagai korban dari keadaan dunia infotaiment yang emang kejam dan tak kenal belas kasihan.

ini adalah sebuah inovasi luar biasa yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Yang udah-udah biasanya cuma sampe langkah 3 aja. Jadi kalo bisa ke langkah 4 ini, bakal jadi sensasi luar biasa. Bisa diundang kemana-mana untuk jadi bintang tamu, ntar ditawarin sinetron, ntar diwawancara sana sini. Wah, pokoknya langsung terkenal abis-abisan. Sisanya tinggal akting sebagai korban ajah.

Langkah 5. Minta Maaf Kepada Publik
Jika langkah-langkah sebelumnya ga efektif dan malah menjadi bumerang, tinggal minta maaf aja kepada publik dengan penuh penyesalan dan silangkan jari di belakang.
Emangnya publik tahu nanti kalo kapan-kapan kita merekayasa cinta lagi ama yang lain???

Sekian 5 langkah menuju ketenaran instan. 
well, langkah 4 itu sih bisa diganti dengan kawin-cerai kalo mau. Atau salah satu pihak selingkuh. Atau cerita lain yang tak kalah sensasional. Masalah dengan pemirsa tipi Indonesia ini adalah, mereka tuh KEPO abis-abisan. Pengen tahuuuuu aja kalo ada artis yang begini dan begitu. Ih, penting amat siiih...

Mengenyampingkan segala efek buruknya, nama kita sudah terpampang di luar sana dan mau ga mau banyak orang jadi mengenal kita. QQ aja sampe tahu coba khan...

Namun terkenal dengan cara instan ini tentu memiliki efek samping. Terkenalnya juga ga bakal awet alias ga tahan lama. Maka dari itu, adalah penting untuk melakukan Langkah estra nomor 6.

Langkah Extra No.6. Miliki Bakat yang Sebenarnya
Kalo kita sudah berhasil melejit, jangan sia-siakan. Tunjukkan bakat kita yang sesungguhnya. Tapi kalo emang kita jadi terkenal dengan modal sensasi doang, begitu sensasinya garing ato ada sensasi lain muncul, maka kita akan tergusur begitu saja. Maka itu penting untuk memanajemen ketenaran kita dengan menunjukkan kemampuan asli kita dan memikat orang dengan penampilan kita.

Kenapa QQ males nonton Infotaiment??
Karena ini salah satunya. Kita tuh ga pernah tahu yang mana rekayasa dan yang mana yang asli. Karena semuanya bisa saja cuma bagian dari sebuah penciptaan image dari seorang aktor atau aktris. 

Apakah Anang dan Syahrini dulu juga bagian dari rekayasa? yang mengakibatkan Syahrini berhasil naik daun sampe level kaya gini?
Apakah Syaipul Jamil yang sering gonta ganti pacar penyannyi dangdut pendatang baru atau pemain sinetron baru juga merupakan rekayasa-rekayasa untuk membuat mereka terkenal secara instan?
Billy dan Shanaz apakah asli atau rekayasa buat meningkatkan pamor YKS aja?

Emang kalo kita terlalu banyak konspirasi kaya gini, kita jadi meragukan realita. 
Tapi sekali lagi ya QQ bilang.....
APA SIH PENTINGNYA KITA BUAT TAHU????

Mereka mau kawin cerai, mau putus nyambung, mau jadian di acara TV, itu adalah hidup mereka, ga ada efeknya sama hidup kita dan yakinlah, itu ga bakal masuk soal ujian apalagi jadi pertanyaan penentu masuk surga atau neraka.
yang ada malah kita jadi meneruskan gosip yang ga bener dan bergosip dengan orang lain dan ujung-ujungnya, VICKY aja bisa terkenal, coba... sakit jiwa ga tuh?

Yah, tapi sekerasa apapun QQ menghindar, buktinya tetep aja tahu. Bayangin aja, Indonesia itu punya nyaris 15 lebih channel televisi yang kayanya masing-masing channel tuh punya acara infotaiment lebih dari 3 setiap hari. Jadi setiap hari kita tuh dicekoki oleh sekitar 45 acara infotaiment yang isi beritanya satu sama lain tuh sama persis. Cuma beda judul dan pembawa acaranya aja. 

Jadi gimana orang-orang dengan sensasi tuh bisa gampang terkenalnya??
Tapi QQ juga masih heran dan memiliki sebuah pertanyaan besar yang belum terjawab juga. KOK QQ SAMPE SEKARANG BELUM TERKENAL JUGA YAAA...???

wakakakaka........
:D


image source:
http://www.bedpostblog.com/wp-content/uploads/2013/08/culkin-shocked-face.png

No comments:

Post a Comment