Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Friday, April 1, 2016

Mengawinkan Cupang: An Idiot Guide

Sebenernya artikel terkait masalah ini udah berhamburan di jagat dunia maya. Tinggal masukin aja kata kunci dan akan keluar banyak panduan terkait gimana caranya mengawinkan cupang. Trus kenapa QQ nulis ini? 

Soalnya ini adalah versi QQ, yang jujur dan apa adanya... wakakaka.... #pret
Jadi ini tuh semacem 101-nya cara ngawinin cupang alias kaya semacem "The Idiot's Guide"-nya gitu deh buat memandu pernikahan ikan cupang.

Menurut QQ, ikan cupang tuh cenderung lebih mudah diperanakkan dibandingkan ikan hias bangsa-bangsa ikan mas koki gitu. Karena begitu kita beli, rata-rata cupang sudah siap kawin. Cara mengenali ikan cupang cowo yang siap kawin tuh cukup mudah, kalo tuh ikan udah mulai bikin buih-buih di permukaan air, artinya tuh cupang udah minta kawin...

Dalam hal beli ikan cupang, emang orang biasanya cenderung untuk beli yang cowo, karena ikan cupang cewe siripnya emang biasa aja, kecuali yang tipe-tipe sirip kuping gajah. Nah jadi kalo beli cowo, trus di toplesnya atau aquariumnya dia udah mulai membuat buih-buih, itu tandanya dia siap membina rumah tangga. Jadi, mari kita belajar caranya mencari cupang cewe yang udah siap kawin.

Cara mengenali cupang cewe yang siap kawin adalah dilihat dari perutnya. Kalo perutnya udah gendut (bukan karena baru abis makan), dan ada kaya semacam bulatan putih di bagian perutnya yang seolah-olah mau keluar, itu tandanya tuh cupang cewe udah minta dan siap dikawinin.

Banyak literatur, deile literatur... yang bilang kalo cupang cowo tuh pemilih banget masalah pasangan kawinnya. Tapi QQ kemaren mencoba cupang jenis halfmoon warna biru, dikawinkan dengan cupang cewe tipe sirip gajah yang warnanya putih kemerahan, ternyata mau-mau aja... dasar animal instinct kali yaa... kawin mah kawin aja... hahaha...

Ada juga yang bilang kalo cupang itu bisa langsung dicampur begitu mereka siap kawin. Kalo QQ tetap pake tahapan ta'aruf dulu biar ikannya saling mengenal satu sama lain dan ada alasan lain kenapa QQ lebih memilih pake ta'aruf dulu.

Jadi kalo si cowo dan cewe udah siap, masukkan cupang cowo ke wadah yang lebih besar. jadi nikahnya nanti di tempat cowonya. Kalo kite pan yang bikin pesta pihak perempuan yee.. tapi kalo cupang, nih cowo yg siapin pestanya.

Nah, tujuan tahapan ta'aruf tadi adalah kalo dipindahin ke wadah baru, buih-buih buat sarang telurnya belum ada, nanti yang ada berantem malah tuh cewe cowo, jadi deh KDRTC alias Kekerasan Dalam Rumah Tangga Cupang. Makanya kalo QQ lebih prefer wadah yang bening alias tembus pandang. Jadi wadah si cowo dan si cewe dideketin biar si cowo-nya mekar-mekar dulu buat flirting ama si cewe. 

Nah menurut QQ, kalo si cupang cowo-nya banyak pamer di sini besar kemungkinan doi naksir ama tuh cewe. Apalagi kalo abis itu dia langsung semangat bikin sarang buih, positip udah. Untuk membantu cupang tersebut bikin sarang, banyak yang bilang kalo pake tanaman apu yang mengapung atau plastik mika. Kalo QQ mah, biarin aja alami tuh cupang cowo bangun sarangnya di permukaan air yang menempel di tepian aquarium.

Kita lihat apakah buihnya sudah cukup banyak, proses ta'aruf ini kalo QQ bisa sampe 3 hari-an, supaya yakin keduanya tertarik dan sarangnya jadi dan siap. Soalnya kalo cupangnya ga cocok, takutnya si cupang cewe malah nyerang si cupang cowo dan abis deh tuh sirip halfmoon-nya. Biasanya sih pastikan bahwa usia cupang cowo lebih tua dari cupang cewe, atau ukuran tubuhnya cupang cewe ga lebih gede dari cupang cowo. Wah gampang jiper juga nih cupang. Apalagi kalo penghasilan cupang cewe lebih gede, makin jiper nanti cupang cowonya.

Tapi emang penuh resiko sih... apalagi kalo cupang cowonya seharga IDR 50.000 sementara cupang cewe-nya IDR 10.000, moga aja ga kena demo aktivis perempuan nih karena kok bisa gitu harganya. hahaha...

Tapi syukurlah si cupang cowonya ternyata cukup dominan. Jadi setelah proses ta'aruf selesai, mulailah tuh cupang dipertemukan. Tentu aja mereka ga bakal langsung cupang-cupangan, tapi ceritanya kali ini adalah. Si cupang cewe-nya jual mahal... dia mau maenin "Kejarlah daku kau kutangkap." Pake ala-ala adegan di pilem india, karena ga ada tiang, muter-muternya di tanaman air... #eaaa

Jadilah tuh dua cupang kejer-kejeran. Tapi proses perkawinan cupang adalah proses yang penuh kekerasan. Sih seolah-olah cupang cewe emang menikmati disakiti dan cupang cowonya hobi menyakiti.

Kayanya emang salah nih menyamakan hubungan cupang ama hubungan manusia... #abaikan... ambil hikmahnya saja. #lanjut

Soalnya kadang QQ ngira si cupang cowo itu menggigiti sirip cupang cewe supaya dia ga banyak lari dan bisa pasrah pas mau ditiduri, dalam bahasa cupang, dililit. Wah, menurut QQ, perkawinan cupang tuh merupakan salah satu proses ML paling indah. Udah kaya tarian, cuma ini tarian sambil ML... hahaha...

Karena ini menceritakan ikan, ingat... ini bukan pornografi.


Kalo si cupang cowo udah berhasil membuat cupang cewenya pasrah dan nerima, dia akan langsung #set... melilitkan tubuh indahnya pada tubuh bohay-nya si cupang cewe dan crot... eh malah cupang cewe yang muncrat... in telur-telur...
Konon katanya, pas keluar itulah cupang cowo langsung membuahi telur-telur tersebut.

Abis lilit-lilitan gitu, kedua cupang bakal ga begerak untuk beberapa saat. Wah kayanya ini nih yang namanya orgasmenya cupang. Trus udah kelar orgasmenya, mereka kemudian turun dan mematuki telur-telur yang tadi muncrat. Jangan takut jangan kawatir, itu kentut bukannya petir, jadi tuh ikan bukannya memakan telur-telurnya. Nanti itu udah masuk mulut, tuh telur akan ditata di sarang buih yang telah dibuat sebelumnya.

Proses cupang-cupangan si cupang ini akan berlangsung lebih dari sekali, sepuluh kali juga lebih deh kayanya... wakakaka.... dasar cupang horny yang sedang menggila. Jadi telurnya bisa ratusan... kaya Tanggo. Maka dari itu perlu dipastikan bahwa sarang buih yang sebelumnya dibangun si cupang cowo cukup memadai.

Kapan proses kawin ini dinyatakan selesai?
Ya kapan kalian pengen misahin tuh cupang... tapi masa tega, lagi ML terus dipisahin... ga punya perasaan apa kalian??? ga berperikecupangan??? hahaha...

Jadi kepikir tebak-tebakan....
Coba nyanyiin lagu dangdut yang judulnya "Cupang"...!!!

Ah ku diberi keCupang.... ku diberi keCupang.... ku diberi keCupang...
keCupang sayang... mwah mwah....!!!!
#Jayus, mari #lanjut...

Jadi ketika si cupang cowo udah mulai kasar (pake banget) ama si cupang cewe tiap kali dia berusaha mendekati sarang buih, artinya proses perkawinannya telah selesai. Bisa juga ditandai dengan si cupang cewe sembunyi-sembunyi dan lari dari cupang cowo. Ini saatnya untuk memisahkan kedua cupang. Ciduk cupang cewe-nya karena ini adalah hubungan yang tidak disahkan melalui pernikahan.... #apasih. Kembalikan cupang cewe ke toples sebelumnya dan jika perlu dikasih obat karena tubuhnya pasti luka-luka abis BDSM ala-ala cupang tadi.

Nanti pas udah dipindahin, mainkan buat si cupang cewe itu lagunya Elle Goulding yang Love Me Like You Do... biar dia seneng... hahaha...

Kenapa kudu dipisahin? QQ juga ga tahu...
tapi konon katanya, yang akan memelihara telur-telur itu adalah cupang cowo, sementara cupang cewe konon akan memangsa tuh telur-telur...
I refuse to believe that, tapi ga mau juga menempuh resiko kalo tuh mitos beneran. Jadi tak pisahin deh dan si cupang cowo langsung jadi single father.

Cupang cowo tuh beneran merawat loh, kalo ada telur yang jatuh, diambil oleh dia dan ditaruh lagi di sarang buih. Maksimal 2x24 jam, telur akan mulai menetas dan kalian akan bisa melihat titik-titik halus yang bergerak kesana kemari. Di sini juga jangan pisahkan si bapaknya ini, karena pekerjaan merawat anak cupang akan terus dilakukan ama si bapak cupang. Kalo kalian ngelihat dia makan anak cupang, jangan takut jangan khawatir, sekali lagi itu kentut bukannya petir, itu adalah untuk menjaga agar anak cupang tadi ga terlalu jauh berenangnya. Maklum, anak-anak cupangnya masih belajar, takut tenggelam.

Nah, selesailah sudah proses kawin ini sampe menetas.
Tapi, sampe saat ini yang menjadi misteri adalah bagaimana caranya membesarkan anak-anak cupang tersebut. Suseeeee......

Nih udah beberapa minggu, cuma 1 yang selamat. Yang bingung adalah, makan apa tuh anak-anak cupang. Konon katanya anak cupang dikasih makannya kutu air yang disaring, ebuset, mau disaring juga tuh kutu air, ukurannya udah sama gede ama tuh anak cupang. Malah ntar anak cupangnya yang dimakan.

Akhirnya dibiarkan aja si bapak cupang yang merawat. Yang mungkin karena faktor kekurangan makanan dan masih Papa Muda Baru Belajar Punya Anak, jadi kurang pinter merawatnya dan yah tinggal satu itu yang selamat...

Wah, bisa bikin kisah Finding Nemo versi cupang nih, judulnya Finding Cupang.
Semoga aja nih yang satu bertahan ini bisa bener-bener tumbuh gede. Karena pada dasarnya, cupang adalah ikan yang tahan banting. Memelihara cupang tuh sama sekali ga susah, ga semanja ikan mas koki.

Nanti mau tak coba kawinin lagi ah kalo si cupang cewe sirip-siripnya udah sembuh dan mereka udah siap lagi. Cupang cowo mah udah siap aja, tuh sarang buih udah gede aja... hedehhh... ga tahu apa dia tuh cupang cewe tiap kali ngaca pasti sedih karena siripnya rusak... dasar, cowo emang ga bertanggung jawab... mau enaknya aja...
#loh

Begitulah, kisah suksesnya baru sampe mengawinkan, belum sampe membesarkan anak cupang... hahaha...

#ToBeContinued

No comments:

Post a Comment