Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Monday, November 6, 2006

Kecemburuan dan Kepercayaan

Ada orang yang bilang kalo cemburu itu tandanya cinta dan perduli
Ada juga yang bilang kalo cemburu itu tandanya sayang
Ada juga yang bilang kalo cemburu itu bumbunya percintaan...

Ya
cemburu alias nggak senang ketika orang yang kita perduliin, sayangin,
cintain lepas dari kita dan memiliki kecenderungan untuk berpaling ke
lain hati......

Kalo ngelihat orang yang kita cintain bareng
orang lain, bawaannya cemburuuuuuu aja, nggak seneng, curiga, dan pada
akhirnya marah.....

Tapi kalo cemburu nggak dikendalikan, maka
ibarat kalo kita masak sayur asem... eh, kelebihan asemnya... maka
rasanya pasti nggak enak...

Analogi yang sama berlaku untuk
hubungan percintaan, kalo sebuah hubungan antara dua insan yang
terlibat baik oleh rasa sayang, cinta maupun suka.....lebih banyak
dibumbui oleh sebuah kecemburuan, pasti rasanya nggak asik, nggak enak,
kaku.......
karena salah satu pihak akan merasa terkekang hidup dan kebebasannya sebelum waktunya....

Pada
dasarnya aku amat membenci untuk dicemburui, aku paling nggak terima
kalo ada orang yang cemburu ke aku, karena pada dasarnya aku nggak
pernah mencemburui seseorang, siapapun itu.... karena aku lebih
berpegang kepada sebuah KEPERCAYAAN dari pada sebuah
KECEMBURUAN.........

Jika aku udah membuat komitmen dengan
seseorang, pada dasarnya hatiku akan langsung di-set untuk secara buta
untuk percaya bahwa dia milikku dan aku miliknya, sehingga aku akan
memberikan dia sebuah kebebasan penuh untuk bergaul dengan siapa saja,
jalan dengan siapa aja. aku nggak akan cemburu, karena aku percaya
padanya dan itu yang aku titipkan padanya untuk dibawa kemana-mana,
kepercayaan dari aku yang harus ia jaga.

Dengan begitu, kalau
dia emang cinta, suka dan sayang sama aku, maka tentu saja dia akan
menjada kepercayaan yang aku berikan bukan..?
jadi kalau pada suatu
saat nanti kepercayaan yang aku berikan itu akan dirobek, diinjak-injak
oleh ia yang kuberikan kepercayaan itu, maka solusi yang tersisa
hanyalah dua......

Aku akan memaafkannya atau..... aku akan mengakhiri hubungan dengannya....
simple....
karena seseorang yang nggak bisa menjaga kepercayaan yang aku berikan,
adalah nggak worth it buat diperjuangkan dan tidak patut mendapatkan
cinta dan perhatianku....

Kadang aku juga mikir... andaikata
setiap orang bisa merubah sebuah kecemburuan yang ia miliki menjadi
sebuah kepercayaan kepada pasangannya.......mungkin hidup ini akan
lebih tenang...
nggak ada kecurigaan...
nggak ada prasangka...
yang ada hanya kepercayaan....

Tapi
masalah atau dampak buruk dari seuah kepercayaan ini adalah timbulnya
di hati pasangan kita sebuah kejenuhan, dan cenderung timbul rasa tidak
diperhatikan atau dicuekin........

Karena, sekali kita
mempercayai seseorang, maka kita akan percaya dia untuk waktu sampai
dimana kepercayaan itu dirusak........ dan selama itu, mungkin kita
akan cenderung mengurangi perhatian terhadap pasangan....

Pacaran
dengan bumbu kepercayaan ini hanya dapat dilakukan oleh orang-orang
yang berpikiran dewasa dan berorientasi ke depan.. [ceileeeee... memuji
diri sendiri niiiiy..]
nggak gitu sih... karena, kalo seorang
pencemburu berpasangan dengan seorang yang memiliki prinsip untuk
percaya.. maka yang akan terjadi adalah argumen dan pertentangan tanpa
henti,  karena KECEMBURUAN dan KEPERCAYAAN adalah dua hal yang amat
sangat bertolak belakang......

Kepercayaan pada pasangan akan
sangat bermanfaat untuk menyelamatkan kita dari sebuah stress,
depresi... terutama bagi yang melakukan pacaran jarak jauh...... yang
dimana jarang ketemu, jarang ngobrol langsung....

Karena
kecurigaan dapat muncul setiap saat... ketika kita mendengar doi jalan
ama orang lain.... hati kita langsung cemas..... gundah..... dan
jadinya nggak tenang....

Pada dasarnya kita menjalin hubungan itu adalah untuk mencari kesenangan dan bukan mencari kegundahan......

Karena itu amatlah penting untuk menjaga kadar KEPERCAYAAN dan KECEMBURUAN dalam sebuah posisi yang seimbang...

karena kalo kita percaya pada pasangan kita maka yang terjadi adalah hambarnya sebuah hubungan kasih....
mungkin perlu juga dihiasi dengan beberapa percakapan kecemburuan seperti...
"Tadi jalan ama siapa...?"
"Hubungan kalian apa...?"
"Inget ya... jangan selingkuh....."

Tapi jangan lalu terjebak pada sebuah kecemburuan buta....
"Tadi itu siapa, kalian pacaran ya..?? oh jadi gitu... pokoknya aku nggak seneng, aku benci....!!!"

ya.... udah deh, nggak asik lagi.... nggak banget......

Kalo
aku mendapatkan perlakuan seperti itu, maka yang aku lakukan adalah
membuat orang yang mencemburui aku itu untuk mengerti dan kembali
percaya padaku, namun kalo aku sudah melakukan segala cara untuk
menjaga komitmen yang telah dibuat.... tapi dia terus menerus cemburu
padaku.....

"GO TO HELL ALONG WITH YOUR JEALOUS-NESS"

karena bagi aku, kalo kita nggak bisa percaya pada pasangan itu adalah bukan cinta sama sekali..................!!!!!

Karena KEPERCAYAAN bagiku adalah pondasi dari sebuah hubungan yang langgeng dan bahagia........


No comments:

Post a Comment