Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Friday, November 30, 2012

Good Song or Good Music...???

Kenapa QQ tuh kadang males ngedengerin Lagu Indonesia... Lagu-lagu yang dinyanyiin tuh kadang ga meaning aja. Mau bilang ga mutu kayanya terlalu sombong ya, soalnya buat bikin satu lagu aja, mungkin QQ belum tentu bisa. Tapi seperti Simon Cowel, dia bisa ngatain penyanyi itu jelek, padahal dia ga bisa nyanyi, maka QQ akan melakukan itu dalam blog ini. QQ mungkin ga bisa nulis lagu, tapi QQ tahu lagu yang bermakna tuh kaya apa.

Blog ini bermula karena tadi pas kelar senam, musik masih diputer, dan bermainlah sebuah lagu yang kurang lebih, 

Cinta itu adalah Pengorbanan, pengorbanan adalah cinta
Cinta itu tangis dan tawa,
Cinta adalah hati dan hati adalah cinta...

bla-bla-bla.... terus aja tuh lagu ngulang kata-kata cinta adalah 'sesuatu' dan 'sesuatu' adalah cinta... duh Syahrini banget daaaah... CETARRRR!!!! (bayangkan sebuah pecut lagi dipecutkan..)

Terus QQ juga jadi kebayang lagu-lagu boyband masa kini seperti, ah, males nyebut merk... udah kebanyakan sampe QQ ga apal namanya satu persatu... pokoknya yang membernya rame, terus nari-nari tapi ga ada spirit-nya, famous-nya kayanya karena sensasi aja atau tampang yang oke.

Tapi mungkin orang sekarang bisa membuat Musik yang bagus, tapi kurang mampu membuat Lagu yang bagus.

Apa bedanya musik dan lagu??
QQ bukan penulis Kamus Besar Bahasa Indonesia, tapi menurut QQ sih, musik tuh cuma sebates didenger, tapi kalo lagu tuh whole package-nya. Musik yang bagus tuh cuma enak didenger dan abis bosen, ya udah... tapi kalo lagu yang bagus tuh, selain enak didenger, ada maknanya dan meski waktu berlalu akan ada aja yang merasakan lagu itu telah menyentuh dirinya.

Sekarang, yang penting iramanya oke, liriknya udah dilupakan. yang penting jedam-jedum aja musiknya terus liriknya ya ngulang-ngulang aja... sebut aja lagu si Olga sama Melly Goeslaw dulu yang suma "Hancur Hatiku" sama "I Just Want To Say I Love You". Lagu yang ga meaning tapi, harus QQ akui, musiknya catchy jadi tuh musik bisa tenar, walau sesaat, sesaat yang cukup lama... hehehe...

Tapi kalo dipikir-pikir, faktor manakah yang lebih menentukan? Musik yang enak didenger apa lirik yang bagus?

Sebenernya, pengen bilang Lirik, tapi pada kenyataannya emang Musik dulu yang didenger, baru Lirik dipahami. Contoh aja, Ga seluruh orang ngerti bahasa Korea, tapi Gangnam style bisa famous ke seantero Dunia, merajai iTunes Chart, Billboard Chart dan bahkan Memenangkan Best Video di MTv Europe Music Award. Cetar banget khan??

Sedangkan lagu-lagu yang meaningful tapi musiknya ga terlalu oke, dia bakal menggaet penggemar minoritas aja. 

Sama kaya, yang mana yang lebih bakal famous? suara oke tampang pas-pas-an atau Tampang oke, suara pas-pas-an???

itu adalah sebuah misteri yang harus dipecahkan lagi. 

Sekarang tuh sebenernya udah banyak Musik yang bagus, tapi  Lagu yang bagus, masih jarang banget. Kadang lagu bagus, tapi liriknya asal-asal ajah dan cenderung ga bermakna yang dalam. Beda sama kaya lagu-lagunya Chrisye yang dulu. Kaya puisi yang bagus terus dikasih irama. Sekarang tuh kaya puisi hasil karangan anak SMP terus dikasih nada, tapi emang nadanya bagus jadi orang kadang melupakan bagian liriknya.

Yang penting enak didenger atau enak buat goyang. Tapi sayang kalo apa yang kita dengar, apa yang didengar anak-anak kita adalah sesuatu yang ga mutu.

Tapi emang kaya gitu sekarang, satu album lagi isi 8-10 lagu, tapi yang nge-hits paling 1 atau 2, karena sisanya emang sampah... jadi penjualan CD atau kaset kayanya ga bakal meningkat, karena kalo cuma 1-2 lagu, ya mending donlot aja, Gratis...!!!

Yang oke itu kalo ga salah yang sampe seakrang QQ inget tuh, album pertamanya  Peter Pan dulu, kayanya se-album lagunya nge-hits semua. Cetar membahana....!!!

Tapi orang bisa aja terkenal secara instan, Karena Faktor Musiknya atau karena Faktor Liriknya atau karena Faktor Tampangnya atau karena Faktor Suaranya. tapi kalo cuma karena salah satu saja, Ketenaran takkan bertahan lama. Kalo mau terkenal yang tahan lama, maka resepnya adalah jadilah seseorang penyanyi yang komplit.

Begitu pula dalam hidup kita, kita tidak bisa jadi one-trick Pony... kita harus punya variasi dalam hidup ini, bisa ini dan itu. Sehingga kita bisa membuat orang berkata, "Wah, kamu tak henti-hentinya membuat kejutan buat saya..."

Dan sekedar himbauan kepada para pencipta lagu, berhentilah menciptakan Musik-musik yang bagus, mulailah menciptakan LAGU YANG BAGUS, yang bermutu dan layak didengar.

Super Cetar sekali Bukan...??
(Mario Teguh feat. Syahrini)

Sumber gambar:
http://www.sodahead.com/living/whats-a-good-song-for-troubled-times/question-2555431/?link=ibaf&q=&imgurl=http://images.sodahead.com/polls/002555431/350393445_Mp3_Hindi_Songs_FunRockerCom_2_xlarge.jpeg

No comments:

Post a Comment