Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Tuesday, November 27, 2012

Siapa Idola Anak Kita Sekarang???

Kadang kalo dipikir-pikir, Indonesia Merdeka tahun 1945 sementara Jepang kena bom atom kurang lebih pada tahun yang sama. Tapi setelah jalan sekitar 67 tahun, Jepang bisa maju begitu pesat, sementara Indonesia bisa maju begitu lambat...

Pas liburan kemaren sempet nonton film anime Doraemon the Movie di RCTI, begitu abis tuh Doraemon, langsung acara selanjutnya itu adalah Dahsyat. Kalo mau dibandingkan aja, tuh Doraemon the Movie yang dibuat tahun 1999 masih jauh lebih bermutu daripada Acara yang dibuat Indonesia pada sekitaran tahun 2010 itu.

Kemudian terlintas pikiran, Apa sih yang ditonton ama anak-anak di Jepang sana? mereka ada Naruto, ada Doraemon, ada One Piece, Sailor Moon, Wedding Peach. Kalo kita perhatikan film-film anime anak-anak tersebut, apa yang diajarkan kepada anak-anak di Jepang sana? Kalo kita pernah menonton anime-anime Jepang. Meskipun sedikit tersirat pornografi seperti Shizuka yang Hobi Mandi atau Sailor Moon ketika berganti rupa, ada beberapa hal yang sering kita dengar dalam film-film anime tersebut.

QQ emang ga ngerti bahasa Jepang, tapi kurang lebih beginilah artinya..
Nakama = Saudara, kawanan (mungkin lebih dari itu)
Tomodachi = Teman
Ai to Tsugino = Cinta dan Keadilan
Yatsuko = Janji

Apa yang diajarkan Rufi dalam One Piece pada anak-anak adalah betapa mereka berjuang sampai titik darah penghabisan untuk membela dan melindungi Nakama mereka. Saudara mereka, teman mereka.

Apa yang diajarkan tomoyo pada Sakura dalam CardCaptor Sakura adalah bagaimana kita bersahabat tanpa mengharap balas budi.

Apa yang diajarkan Sailor Moon dan teman-temannya adalah bagaimana kita harus berjuang membela cinta dan keadilan.

Apa yang diajarkan Naruto pada Hinata adalah bagaimana seorang laki-laki harus memegang janji dan ucapan yang telah ia berikan.

TAPIiiiiiiiiiii.....................

Apa coba tontonan Anak-anak Indonesia??
Sherina, Joshua, Agnes Monica, bahkan sampe Tina Toon aja udah mulai beranjak dewasa.
Kemudian muncullah Coboy Junior, lagu mereka, tentang Cinta Pertama...
Itukah yang diajarkan ke anak-anak saat ini??? Cinta Pertama???

Apa coba tontonan Anak-anak Indonesia di Televisi lokal kita??
Shaun the Sheep?? Upin Ipin?? Kaartun-Kartun bisu itu?? itu mah cuma buat ketawa aja, ga ada pelajaran lebih lanjut dalam kartun-kartun itu.

Apa yang ditonton Anak-anak Indonesia ketika dalam pengawasan orang dewasa??
Ketika sekeluarga menonton televisi, mereka menonton acara gosip, sinetron, film india, film horor ga jelas, acara komedi yang penuh kekerasan dan saling ejek.

Apa yang dipelajari anak-anak Indonesia dari tontonan mereka??
Tidak ada mental persahabatan, mental perjuangan, mental keadilan dalam tontonan mereka.
Yang ada adalah mental TEMPE!!!!

Yah, ini adalah kebijaksanaan masing-masing orang tua dalam membina anaknya masing-masing. Menonton Televisi saat ini bukanlah sebuah kegiatan yang mendidik, malah justru membuat anak-anak semakin terpuruk mentalnya.

Mungkin ini saatnya bagi dunia pertelevisian Indonesia bercermin, apakah mereka cuma mengejar keuntungan semata?? tanpa memperdulikan efek tontonan prime time mereka terhadap anak-anak Indonesia.

image source:
http://newsmomsneed.marchofdimes.com/wp-content/uploads/2008/12/television-1.jpg

No comments:

Post a Comment