Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Monday, February 20, 2012

Manfaat Berhutang

Hutang bukanlah suatu hal yang negatif...
Malah beberapa perusahaan, jika tidak memiliki hutang bisa dianggap perusahaan itu tidak berkembang.

Dahulu sih QQ selalu menganggap hutang itu adalah sesuatu yang jahat, karena melibatkan bunga... apalagi bunga yang berbunga.
Namun perbedaan antara bunga dan Bagi Hasil adalah pada sisi pembagian keuntungannya. Bagi Hasil hanya dibagi jika perusahaan untung, namun jika rugi, pihak penanam modal juga mendapatkan bagian kerugian.
Namun jika bunga, nilainya akan selalu stabil dan pembagian besaran bunga akan tetap harus dibagi tak perduli perusahaan untung atau rugi.

Namun, baik itu kita meminjam uang secara syariah ataupun secara non-syariah... semuanya punya biaya, Meminjam uang itu ada biayanya.

QQ tersentak mengenai hutang ini ketika mendengarkan sebuah materi dalam suatu kegiatan, Bapak itu berkata, "Bayangkan seperti ini, kita nabung saat ini satu bulan satu juta, 100 bulan kemudian, terkumpul 100 juta plus bunga yang tidak terlalu besar, kemudian kita baru bisa beli mobil, 100 bulan dari sekarang. Namun jika kita berhutang saat ini, dan dilunasi dengan cicilan 100 kali. Maka kita punya mobil saat ini, dan dapat kita usahakan untuk mendapatkan uang dan kita bisa membayar cicilan kredit mobil tersebut."

Sontak pandangan QQ mengenai hutang berubah arah, Benar juga... kalo kita memandang pemanfaatan hutang dari sisi tersebut, sebenarnya hutang akan sangat bermanfaat bagi kita. kalo kita menabung saja, kita ga bakal punya mobil sampe 100 bulan ke depan. tapi dengan hutang, kita bisa punya mobil dan mobil tersebut bisa kita usahakan... selain kita mendapatkan penghasilan dari mobil tersebut, kita juga bisa membagi penghasilan tersebut untuk cicilan plus bunga.

yang salah adalah penggunaan hutang yang dihabiskan untuk kegiatan konsumsi... itu salah besar...
Itu adalah penggunaan kartu kredit, hahaha....

Namun, percaya ga percaya, penggunaan kartu kredit bisa menunda pusing karena abis duit untuk jangka waktu sebulan. atau sampe tanggal penagihan berikutnya...hehehe...

Mari kita berandai-andai. Kita mempunyai biaya konsumsi sebulan sekitar satu juta rupiah. penghasilan kita 3 juta rupiah per bulan. jadi bagaimanapun juga kita akan mengeluarkan uang sejuta sebulan secara tunai.

bagaimana kalo kaya gini,
Kita punya penghasilan tiga juta, kemudian selama sebulan kita menghabiskan satu juta untuk konsumsi itu menggunakan kartu kredit.
Jadi uang tiga juta kita bisa bertahan selama satu bulan. pada awal bulan berikutnya, kita membayar tagihan Kartu Kredit tepat waktu, dan tentu tidak dikenakan bunga.
Uang 3 juta kitaitu mendapatkan bunga (yaah, meskipun kecil banget) tapi paling nggak dapet, dan selama kita bisa bayar tepat waktu, kita ga bakal dikenakan bunga kartu kredit.

Bukankah itu suatu manfaat??
Luar biasa Super bukan??

Namun yang berbahaya adalah, Lepas kendali dalam menggunakan kartu kredit....
Limit kartu kredit bukanlah penghasilan kita, atau bukan jumlah uang yang harus kita habiskan, melainkan jumlah yang harus kita bayar dan pertanggungjawabkan.
Jadi waspadai limit kartu kredit dan waspadai batas penghasilan kita.

Hutang dalam bentuk Kartu kredit atau hutang jangka panjang sebenarnya seperti pedang bermata dua. Jika dengan penggunaan yang tepat, maka kita bisa berjaya... namun dengan penggunaan yang salah, diri kita sendiri yang akan terluka.

Kata kuncinya adalah KENDALI....!!!!
Selalu waspadalah... waspadalah......

No comments:

Post a Comment