Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Friday, February 24, 2012

Jangan Menodai Kata Maaf


Salah satu kata ajaib selain Terima kasih adalah MAAF...
Kata empat huruf, dua suku kata yang bisa diucapkan dalam waktu satu detik atau kurang....
Menurut QQ, kata ini luar biasa karena memuat beberapa hal sebagai berikut,
1. Penyesalan yang amat dalam
2. Sebuah janji untuk tidak mengulanginya lagi

Ketika sebuah kata maaf diucapkan tanpa memuat dua elemen tersebut, maka kata maaf tersebut bukanlah kata maaf yang tulus... itu hanya sebuah kata Maaf yang diucapkan dan menodai makna kata maaf yang sesungguhnya.

Orang banyak menggunakan kata maaf sebagai sarana untuk menghindari masalah. Kita ribut dengan seseorang karena suatu masalah, namun karena kita malas untuk memperpanjangnya, meskipun kita merasa benar, kita mengucapkan kata MAAF, tanpa mengetahui dimana salah kita. Masalahnya adalah, jika kesalahan kita aja ga tahu apa, terus siapa yang menjamin bahwa kesalahan itu takkan terulang lagi...?

Kata maaf bertebaran dengan makna yang berkurang dari yang seharusnya. Sekarang kata MAAF menjadi jurus sakti untuk menghindari masalah bukan untuk meminta maaf seperti tujuan yang seharusnya.

Pada dasarnya, siapa sih manusia di dunia ini yang bebas dari salah dan dosa....?
jadi karena itu sebenernya kita ga boleh marah terlalu lama...
Namun kita tidak boleh mengandalkan itu untuk meminta maaf...

Sebelum meminta maaf, ada dua hal yang harus kita lakukan...

MENYADARI DIMANA LETAK KESALAHAN KITA
Ketika kita membuat seseorang marah atau menangis, jangan asal ucapkan maaf, kita harus tahu dimana kesalahan kita... apakah gerangan yang membuat orang tersebut menjadi tidak senang dengan perbuatan kita. Apakah karena kita menamparnya tanpa sebab? atau karena sesuatu yang ktia ucapkan?
Jika kita tidak yakin dengan sumber permasalahannya, maka tanya saja. Daripada bingung ama sumber masalahnya, lebih baik kita langsung tanya ke orangnya saja. Tujuan dari hal ini adalah agar kita sadar dan timbul penyesalan yang dalam.

BERJANJI PADA DIRI SENDIRI UNTUK TIDAK MENGULANGINYA LAGI
Setelah komplit di tahap pertama tadi, baru kita bisa melakukan langkah kedua ini. kita harus bersungguh-sungguh berjanji untuk tidak akan mengulangi lagi kesalahan yang sama yang kita buat pada orang tersebut dan janji tersebut akan kita laksanakan. Tidak akan lagi orang tersebut menangis atau marah karena kesalahan yang sama dari kita.

Terkadang orang menyepelekan kata maaf, tanpa melewati dua tahapan tersebut, mereka mengucapkan kata maaf begitu saja dan berharap semua masalah menjadi selesai. "Sudah, bilang maaf saja daripada masalahnya semakin besar..."

Kalo memang kita ga tahu dimana salahnya, jangan bilang maaf dulu, tanya dulu apa salah kita...
Jangan sampai kita menodai sebuah kata maaf yang harusnya menyimpan makna yang besar dan luar biasa dalam membina hubungan sesama manusia menjadi sebuah kata tak berarti yang kita gunakan untuk menghindari masalah.

STOP SEMBARANGAN MENGGUNAKAN KATA MAAF.....  


No comments:

Post a Comment