Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Saturday, June 16, 2007

Kokology, Game Praktis Menggali Potensi Anda

Kokology\ kốkoľ ố jẻ \ kata benda [Jepang, kokoro, pikiran, semangat, perasaan + Yunani, -logia, ilmu]
  1. Seri permainan psikologi baru untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang.
  2. Istilah populer untuk tingkah laku manusia atau respon situasional.

Buku ini karangan Tadahiko Nagao dan Isamu Saito, terdiri dari kurang lebih 164 halaman yang berisi semacam kuis-kuis gitu yang jawabannya akan menggambarkan kepribadian kita gitu…..

QQ dulu pernah lihat buku ini di Gramedia Bintaro Plaza Jakarta gitu deh, dan QQ baca sekilas, bagus…tapi secara dulu QQ masih menggalakkan kegiatan malas membaca…!!! Enakan baca komik daripada baca buku yang isinya tulisan semua….wakakaka…. jadi batal-lah sudah beli tuh buku…..

Eh, tahu-tahu….WW yang baik hati ngasih QQ tuh buku via Juleha…
Ah…..WeWe…makaci yaaaaaaaa…..mungkin itu akan jadi sebuah bahan perbincangan yang amat sangat bagu sekarang kalo QQ ingin mengetahui lepribadian seseorang melalui sebuah perntanyaan yang kadang menurut QQ tuh ga berhubungan secara langsung gitu tapi kok, eh pas QQ cek jawabannya….lho kok…..sama ya…..hehehe…

Tapi kebanyakan dari pertanyaan-pertanyaan di buku ini membutuhkan sebuah khayalan yang amat sangat dahsyat…sehingga dalam menjawab pertanyaan disini kita nggak bisa asal aja….dan kita harus siap dan dalam keadaan yang tenang untuk menjawab dan memberikan pemikiran mengenai apa yang akan kita lakukan kalau kondisinya kaya gini, kaya gitu…dan itu akan menggambarkan pribadi kita…..

Contohnya nih…….
Jika anda adalah seorang aktor yang berperan dalam drama pengadian, karakter mana yang dibayangkan sebagai diri anda?
1. Pengacara
2. Detektif
3. Tersangka
4. Saksi

Kata QQ:
disini kita bukan menjawab cita-cita kita ingin jadi apa…. Tapi seandainya kita seorang aktor….yang mana yang dibayangkan sebagai gambaran diri kita…kalo QQ sih jawabnya Detektif…. Lalu mari kita balik halaman jawabannya….


Dalam Istilah Psikologi, aktor diasosiasikan dengan jiwa sosial (dari bahasa latin yang berarti topeng), wajah yang anda gunakan untuk berurusan dengan dunia luar. Membayangkan diri anda sebagai seorang aktor memberikan kebebasan untuk memainkan peran sebagai diri sendiri. Setting ruang pengadilan menambah kegembiraan dan intensitas adegan tersebut. Bayangan peran yang sedang dimainkan menunjukkan bagaimana respon anda terhadap krisis.

PENGACARA
Secara normal anda tetap tenang dibawah tekanan. Jarang membiarkan orang lain melihat anda berkeringat. Tapi anda juga memiliki wajah lain yang hanya muncul  pada saat ada tekanan paling berat-seorang pejuang kuat yang mampu melupakan pengekangan dan meledak ketika sebuah kasus mengharuskannya. Kombinasi ketenangan dan gairah yang berapi-api membuat anda dapat melewati situasi yang paling berat sekalipun.

DETEKTIF
Anda tidak terpengaruh dengan kekacauan dan kebingungan dan selalu dapat menguasai diri saat orang lain tidak. Orang-orang merasakan dan menghormati ketenangan dan cenderung meminta bantuan dalam kesulitan. Ini berarti masalah nampaknya mengikuti anda. Tapi anda tidak keberatan dengan penambahan stress, bahkan membuat lebih tenang.

TERSANGKA
Sekilas anda nampak tegar dan tidak perduli. Tapi di balik itu semua, anda kekurangan sesuatu yang diperlukan untuk melihat peperangan sampai akhir. Ketika segalanya menjadi sulit, anda menghabiskan waktu mengira-ngira dan menilai diri sendiri daripada menyelesaikan masalah. Mungkin ini minat terbaik anda untuk bekerja sama dengan orang yang dapat mengatasi segala sesuatu dengan lebih praktis.

SAKSI
Anda mungkin terlihat dapat bekerja sama dan suka menolong dalam situasi apapun. Tapi fleksibilitas dan keinginan menyenangkan orang lain juga membuat anda menjadi sumber masalah lain. Dengan berusaha selalu menyenangkan orang lain, akhirnya anda akan menjadi tidak konsisten bahkan sedikit tidak dapat dipercaya. Jangna terlalu kuatir tentang apakah pernyataan anda akan membuat orang lain senang atau sedih. Satu-satunya hal yang harus anda buktikan adalah diri sendiri.

Nah….apakah sesuai……………………?
Masih banyak puluhan kuis-kuis kaya gitu……
Wah, siap2 aja nih QQ menebar pertanyaan ke temen2 QQ…hehe……..
Wewe…makasih ya…………..!

No comments:

Post a Comment