Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Monday, May 29, 2006

HYPOCHONDRIAC


Sebuah Istilah yang baru kudengar, tapi ternyata ini adalah suatu gejala-gejala yang telah lama kumiliki dan baru kusadari ternyata itu sebuah penyakit....
selama ini kukira perasaan yang kumiliki itu cuma sekedar perasaan-perasaan biasa aja, hanya sebuah kecemasan-kecemasan nggak berarti.....

Misalnya.......
  • Kepalaku pusing..... pikiranku langsung mengira... "astaga... aku kena KANKER OTAK.."
  • Hidungku buntu di pagi hari..... "astaga aku kena POLIP......"
  • Telingaku bindeng..... "aduh, ada yang bersarang di telingaku, apa tadi ada lalat masuk ya..?"
  • Aku kena Demam panjang.... "aduh, jangan2 ini demam berdarah....."
  • Kalo ada asap rokok disekitarku, aku mending tahan nafas atau menghindar... atau cari sesuatu untuk menutupi hidungku..... duh! begitupun asap kendaraan bermotor...... iiih...........!!!
  • Atau... batuk terus terusan.... "yah... kena kanker paru-paru deh..."
Kadang-kadang aku juga mikir gitu khan.. konyol banget sih......... Padahal ya... belum tentu aku tuh terkena penyakit itu dan sebenernya aku tahu akan hal itu........ tapi tetep aja itu menjadi bagian kecemasanku.............
tapi entah mengapa... yang muncul pertama kali di otakku ya... pikiran itu... soal penyakit yang jauh lebih besar dan jauh lebih mengerikan dan aku takut kalau aku kena.........

Begitu membaca sebuah artikel Menshealth Edisi Mei.... aku membaca sebuah tulisan HYPOCHONDRIAC dan kubacalah artikel itu... dan oh TUHAN.... itu aku.............!!!!!
Berhubung membaca hal tersebut di Menshealth, entah mengapa aku kok jadi nanggapin hal ini jadi serius ya.....?????
sampe-sampe aku cari pake google dan ketemulah situs...
www.thehypochondriac.com

Hypochondriac (hī-pō-kon’drē-ak):


a
person with somatic
over-concern,

including morbid attention to the details
of bodily functioning and exaggeration
of
any symptoms no matter how
insignificant.


Apakah anda merasakan hal yang sama...??? mari kita lakukan tes berikut.....
Hm... ku coba untuk translate deh...
[QQ khan sekarang uah Intermediate 3, hehehe]



Petunjuk:



1. Jawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan skala sebagai berikut:



     1 = Nggak ah!   
2 = Sedikit lah...   3 = lumayan dipertimbangkan



            
4 = masalah   5 = Masalah besar kali...!!!



2. Ntar jumlahin hasilnya



3. Hasilnya ada di bawah










Test Hypocondriac Whiteley:



  1. Apa kamu sering khawatir dengan kesehatanmu?                  
  2. Apa saat kini kamu mengira ada yang salah dengan kesehatanmu?       
  3. Apakah sulit bagi kamu untuk melupakan masalah kesehatan dan fokus ke masalah lain?
  4. Jika kamu merasa sakit, tapi orang lain bilang, "kamu tuh baik-baik aja kok", apa kamu merasa risih?
  5. Apa kamu menyadari banyak hal tidak wakar terjadi di tubuhmu?
  6. Apakah kamu sering terganggu oleh rasa sakit yang beragam?    
  7. Apa kamu takut sakit?    
  8. Apa kamu merasa kalo kamu tuh merasa terlalu khawatir dengan kesehatanmu dibandingkan dengan orang lain?    
  9. Apa kamu merasa orang lain tiddak menganggap serius penyakitmu?    
  10. Apakah sulit untuk mempercayai doktermu ketika dia bilang, "Kamu baik-baik saja" ?
  11. Apa kamu sering merasakan kemungkinan-kemungkinan kamu mengidap penyakit serius?
  12. Kalo kamu lagi baca info tentang gejala-gejala sebuah penyakit, apakah kamu sering merasa kalau kamu juga mengidap penyakit tersebut?
  13. Apa kamu merasa risih dengan banyaknya gejala-gejala sebuah penyakit?    
  14. Apa kamu sering merasa kamu memiliki gejala-gejala penyakit serius?
Jumlahin nilainya......
dan bandingkan.....................


Index Scores:


Jumlah Score kamu....:                                         


14-28:  tampaknya kamu bukan seorang HYPOCHONDRIAC


29-31:  Hm.... kena nggak ya..? [umumnya para HYPOCHONDRIAC jumlah score-nya lebih gede dari ini deh....]


32-56: score kamu mengindikasikan kalo kamu mungkin adalah seorang HYPOCHONDRIAC [apalagi kalo lebih tinggi] tapi bisa juga berarti kalo kamu sebenarnya benar-benar mengidap penyakit serius [nah lho...], atau stress, dan sejenisnya...
Hubungi dokter untuk keterangan yang lebih pasti... kalo perlu sih psikolog.....


Bayangin deh... tuh score dalam test itu tuh 32-56... dengan asumsi kayanya 56 tuh yang paling gede deh... sementara aku score-nya 64....????
oh Tuhan...........

apa aku benar2 terkena Penyakit Jiwa ini....??
Tapi emang iya... aku tuh serba takut....
  • Lihat orang ngeludah sembarangan... takut ntar ada kuman yang menyebar dari ludah itu..... dan langsung merasa jijik...
  • Ada orang bersin, aku langsung tahan napas supaya kuman-kumannya nggak terserap.....
Waduuuuh... gimana aku bertahan nih.... sementara setiap pulang kerja aku melewati tempat sampah..... di depan kost-ku ada parit yang lumayan gede dan beraroma tak sedap......
hm..............................

atau........ jangan2 ini juga sebuah penyakit lain lagi....
Aku merasa cemas kalo aku seorang HYPOCHONDRIAC???
padahal sebenernya aku bukan seorang HYPOCHONDRIAC..............

waduuuuh...... Psikoloooooooooooooooooog!!!!!!



























































No comments:

Post a Comment