Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Thursday, August 8, 2013

Lebaran di Singapura

Tahun ini Ramadhan yang paling ekstrim diantara yang lain yang pernah QQ alami. Biasanya udah biasa kalo awal puasa QQ entah di Jakarta, entah di Sibolga, tahu-tahu di Jogja, selanjutnya di Padang... tapi biasanya yang selalu hampir pasti adalah, QQ lebarannya di Palembang.

Tapi sekarang, untuk pertama kalinya nyicip gimana rasanya lebarang di Singapura. Mungkin bagi beberapa orang, kayanya keren tuh bisa lebaran di Singapura. Tapi kenyataannya, ga gitu-gitu amat, hahaha. 

Sebenernya kayanya Muslim di Singapura tuh ga minoritas-minoritas amat kok. Kayanya 25% penduduk Singapura, ada kali Muslim. Tapi suasana mulai dari Ramadhan, terasa sangat-sangat berbeda. Di tempat QQ berada, ga pernah kedengeran suara kumandang azan. Azan yang kedengaran tuh cuma azan dari HP, kalo aplikasinya sudah menunjukkan waktu sholat tertentu.

QQ mikir, mungkin kalo malem lebaran, suasana akan berbeda. Wow, ternyata tidak saudara-saudara. Semalemitu adalah malem takbiran paling sepi seumur idup QQ yang bisa QQ inget. Tidak ada sama sekali terdengar suara takbir dari dalam kamar QQ. Yah, entah emang karena ga ada yang takbiran atau karena nih kamar semi-kedap suara... ga tahu juga yaa... hahahaha...

Bangun Hari Raya Idul Fitri-pun kemudian rasanya menjadi kaya bangun pada hari biasa. Biasanya begitu kita keluar rumah, di jalan banyak orang seliweran sambil bawa sejadah untuk menuju ke Masjid atau lapangan tempat sholat Ied. Tapi ini bener-bener rasanya kaya bangun di hari biasa di hari Kamis.

Namun dalam perjalanan menuju Kedutaan Besar RI, di jalan adalah kelihatan beberapa orang jalan sambil memakai sarung, peci dan menggenggam sajadah. Kayanya mungkin mayoritas orang Indonesia yang ada di Singapura, semuanya pada menuju ke KBRI untuk menunaikan Sholat Ied. 

Sesampainya di KBRI, setelah agak jalan muter-muter, rasanya kaya di Indonesia. Wajah-wajah yang familiar, bahasa yang familiar dan kebiasaan yang familiar. Mulai di sini, baru deh kerasa suasana Lebarannya. Khutbah disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Kejadian lucunya adalah, pas petugas masjid ngasih pengumuman, "Kepada para PRT, harap tenang dan dengarkan ketika khatib sedang berbicara. Mungkin memang sudah lama tidak berjumpa dengan temen-temennya, tapi kangen-kangenannya ditahan dulu sampe khutbah selesai..."
Mau ngakak, ga ada temen... jadilah ngakaknya dalam hati aja dah... hahahaha... "Nembak banget sih Paaak, kayanya yang pada kangen-kangenan, ga cuma PRT aja deh..."

Asumsi QQ sih maksudnya PRT = Pembantu Rumah Tangga.
Kecuali kalo ada kepanjangan lain yaaa...hahaha...

Selesai Sholat Ied, yang dinanti-nanti akhirnya tiba. Makan-makaaaaaaaaan.... nih ceritanya Dubes Open House. Antrian makannya panjaaaaaang banget dah, buset. Tapi, satu hal yang kerasa banget mencolok dalam barisan antrian QQ. Di depan QQ mungkin ada 15 wanita, dan dibelakang QQ mungkin ada sekitar 15 wanita juga. "OMG.... kok perempuan semua nih isi barisannya???"

Sempet serasa salah barisan dan salah tingkah juga pas para gadis-gadis itu sibuk poto-poto sambil ngantri Bakso. Buset dah, ada Alay juga di sini...hahaha....

Kemudian hal kedua adalah, ketika mereka ngobrol... buseeeet, pada ngapak semuaaaaa.... wakakaka...nih jangan-jangan satu RT di Tegal sana dan mereka janjian buat kerja bareng di Singapura. Tapi emang kebanyakan pada ngomong Jawa satu sama lain. Rasanya jadi pengen pasang spanduk, bertuliskan "Palembang Disini"

Jadi, ceritanya salaman ama Dubesnya aja kaga, tapi ngantrinya 3 kali... Antrian kue-kue kecil, antrian Bakso dan antrian Ketupat. Ya Tuhaaan, balik lagi dah berat yang ilang selama Puasa. hahaha...

Ada kali 1000-an orang disana. Hanya dengan 2 meja bakso, 2 meja kue dan 3 meja ketupat. Kebayang ga tuh antriannya kaya apa. hahaha...

Pulang dari Open House Dubes Indonesia untuk Singapur, kenyaaaaaaang.... Lumayan laaah,ada Sambel Daging, ada Ayam Bakar (yang kayanya hasil bakaran kemaren nih... hehehe...) ada Ketupat. Sayang kok ga ada opor.... hehehe...
"Eh, udah makan gratis... banyak cing cong....!!!!" #plakk

Tapi sekitar jam 10-an, antrian udah lempeng bangeeet....
Jadi catatan untuk kalo ada open house lagi di KBRI, jangan takut makanannya abis. Kalo males ngantri, tunggu aja... ntar lama-lama orang sepi kok. hahaha...

Yah, udah puas.... capcusss....
Biasanya kalo Lebaran, langsung lanjut ke rumah sodara-sodara. Tapi karena ga ada sodara disini. Jadi balik lagi ke kamar dah dan nulis blog. hahaha...

Selalu ada yang pertama untuk segalanya. Termasuk pertama kali Lebaran di negeri orang. Jadi buat anda-anda yang masih bisa punya kesempatan untuk berlebaran bersama keluarga. Nikmatilah dan hargailah dengan sebaik-baiknya. Khusus untuk lebaran (cuma lebaran, dan beberapa hal lain) emang bener bahwa sehijau-hijaunya rumput tetangga, masih lebih baik halaman rumah kita sendiri.

Buat semua yang kenal QQ dan pembaca setia blog ga jelas ini,
QQ mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri.
Mohon QQ dimaafkan lahir dan bathin.
Semoga saja amal ibadah kita sebulan kemarin diterima Allah swt dan cukup untuk membekali kita hingga kita berjumpa dengan Ramadhan tahun mendatang.
Semoga saja kita bisa memiliki kesempatan untuk berjumpa dengan Ramadhan tahun depan...

No comments:

Post a Comment