Who Am I? Not Spiderman

My photo
Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia
Rizky Novrianto is just an ordinary human being who try to live his life as extraordinary as it can be. I like to be different. You maybe able to find someone better than me, but You may never find someone like me. I hope common courtesy hasn't die yet. Treat people the way you want to be treated and even more, treat other people the way they want to be treated.

Monday, June 18, 2007

Commercial War

Setelah QQ bingung mau donlot apa lagi di Youtube.....QQ coba-coba nulis di search box-nya itu....FUNNY COMMERCIAL dan itu keluarlah sederetan iklan-iklan lucu yang ada di luar negeri dan iklan-iklan yang memiliki konsep-konsep yang lucu...ga garing kaya iklan-iklan di Indonesia....

Perasaan kalo di luar negeri itu, iklan garing bisa dihitung pake jari...tapi kalo di indonesia....iklan garing itu uncountable....hanya sedikit iklan-iklan lokal yang mempunyai konsep yang bagus...paling iklan rokok...atau iklan softdrink....sisanya.....ampun dah.....kalo ga jingle.....isinya tuh kisah-kisah yang ga logis tapi dibuat logis...macam anak kecil yang kalo makan biskuit bisa punya kekuatan kaya macan.....atau yah banyak-lah kisah2 jayuz yang diiklankan....

Tapi saat ini QQ ga pengen debat kusir, sama kaya Dunia periklanan, Sinetron, Infotaiment dan Berita yang semakin bikin Sick buat ditonton.....atau dasar emang QQ aja yang ga bisa enjoy lagi kali ya ama tuh acara yang berasal dari golongan-golongan itu....hm......

Jadi QQ waktu itu pernah lihat sebuah keterbukaan persaingan lewat iklan di luar negeri, tahu deh ini amerika apa Inggris atau negara laen....tapi barat.....
Jadi itu iklan Softdrink....begini ceritanya....auuuuuuuu.........

Ada anak kecil gitu lagi mau beli minuman di alat yang dimasukin koin terus keluar minumannya [apa tuh namanya, QQ lupa deh.....] terus ceritanya dia masukin satu koin, dan keluarlah COCA COLA.......
[awalnya QQ kira ini iklan Coca Cola]
Tahu-tahunya....dia masukin koin lagi dan ngeluarin satu lagi Coca Cola....terusssss tahu2...ternyata coca cola itu disusun di kaki-nya dan dia injek...dia masukin satu lagi koin dan di pencet-nya lah tuh tombol buat ngeluarin PEPSI.....

Jadi tuh anak ceritanya pendek, dan kaga nyampe ke tombol Pepsi gitu, trus dia beli coca cola sekedar buat injekan..... Sebuah persaingan yang amat terbuka...tapi konon itu BANNED alias dilarang tayang.....

Tapi sebenernya kalo QQ sih lebih demen ama yang macem2 itu...mau saingan kita fair-fair-an aja.....kita tanding kelebihan produk masing masing......
Tapi beberapa waktu yang lau QQ melihat kok iklan di Indonesia mulai ikut-ikut kaya gitu, tapi entah apa ini yang disebut dengan, “CARA YANG LEBIH HALUS UNTUK MENCELA PRODUK LAIN YA........” soalnya kadang QQ tuh suka ibaratnya, “Nih produk mencela produk lain, tapi kok dia ga nyadar kekurangannya gitu loh......!”

Aroma persaingan jaman dulu di periklanan indonesia itu paling jauh menggunakan kata-kata seperti, “PRODUK KAMI BEGINI, YANG LAIN....MANA BISA.........!!!” gitu........ tapi, QQ yakin deh pasti semuanya pernah lihat iklan ESIA.......yang dibintangi Ringgo Agus yang kian hari makin fampus aja itu......

Yang dimana emang dia ga terang-terangan menyebut bahwa yang disindirnya itu adalah Tarif Simpati [yang emang mahal]....Tarif XL, Tarif Mentari dan termasuk selular baru Indonesia, TRI................dengan cara-cara yang sebenernya cukup halus, tapi rasanya tuh kaya menusuk hati aja bagi QQ yang melihatnya....kayanya menyindir tapi ga nyadar diri sendiri gitu loh....menyindir-lah Tarif Malam Simpati dengan kata-kata, “Malam-malam gini siapa yang nelpon...” terus Mentari dengan, “Emang temen kita Cuma lima...?” atau XL dengan “1500/menit-nya...”
Lalu dengan bangga bilang, “tarif kami, seribu per jam.........”

Sempurna bukan, operator lain dijatuhkan dan operator sendiri dinaikkan...hm....
Tanpa nyadar yang disindirnya itu adalah operator-operator kelas atas yang jaringannya udah nasional......bisa aja ntar mungkin muncul iklan tandingan dengan, “EMANGNYA KAMU BISA DIPAKE DI KOTA INI, INI, INI, INI, dan ITU...?” yang secara emang kaga ada sinyalnya.........

Tapi asli, ternyata emang yang hobi nyindir itu para pemain CDMA, Flexi lebih SUCK lagi dalam menyindir Esia melalui iklan terbarunya....padahal Flexi dan Esia itu hanya beda 1 rupiah saja dalam tarif per-menitnya.....tapi kok seolah-olah kaya bedanya itu gede aja....mungkin Flexi lebih nyadar dari Esia kali ya dengan tidak menyindir pemain-pemain GSM yang jelas-jelas emang udah beda kelas....

Udah lihat iklan terbarunya Flexy.....? Yang cowok yang lagi nelpon sambil mandi terus tiba2 dia panik gara2 nelpon belum sejam [khas-nya Esia....]....dan muncullah..”Rata-rata orang nelpon itu hanya 3 menit............”
Duuuuuuh...siapa sih yang di survey-nya......tapi dulu QQ pertama lihat iklan ini atau kampanye ini di iklan media cetak....yang disindir di media cetak itu adalah Esia dan Fren....dalam hal ini QQ lebih setuju yang dibawa ke tipi itu seharusnya yang Fren....secara yang mahal di dua menit pertama itu Fren dan menurut QQ Suck banget iklan TARIP 7 rupiah per menit.....terus ada tulisan kecil gitu... [dua menit pertamanya 500/menit...] ke-laut ajaaaaaaaaaa........!!!!!!!!!!!!

Ya....sebuah persaingan via iklan di media televisi......yang kalo QQ bilang sih caranya KATRO banget...kalo emang mau nyindir, ya sindir aja sih terang2an napa....? takut dibilang menyindir....??? lha terus ini apa bedanya...? Cuma sekedar ga nyebut merk aja..........................!

Akh! Udah abis-kah kreatif ilkan di indonesia ini..........????
Ato perlu QQ turun tangan nih...?he................

No comments:

Post a Comment